Jenderal Kopassus dengan Karier Melejit hingga Bintang Empat, Nomor 4 dan 7 Keluarga Presiden

Sabtu, 08 April 2023 - 06:08 WIB
loading...
A A A
Pria kelahiran Jambi, 22 April 1938 merupakan Panglima TNI dengan masa jabatan paling singkat yakni hanya 3 bulan terhitung sejak 19 Februari hingga 21 Mei 1993.

3. Jenderal TNI (Purn) Feisal Edno Tanjung

Jenderal Kopassus dengan Karier Melejit hingga Bintang Empat, Nomor 4 dan 7 Keluarga Presiden


Menggantikan Jenderal TNI Edi Sudrajat, abituren Akademi Militer Nasional (AMN) 1961 ini adalah Panglima TNI ke 11. Feisal Tanjung juga merupakan prajurit Kopassus yang berhasil mencapai pangkat tertinggi di militer.

Perwira kelahiran Tarutung 17 Juni 1939 ini diangkat menjadi Panglima TNI oleh Presiden Soeharto pada 21 Mei 1993 hingga Februari 1998 sebelum terjadinya Reformasi.

Mengawali kariernya dari kesatuan Infanteri Kopassus. Feisal Tanjung merupakan perwira yang kenyang dengan pengalaman tempur. Berbagai operasi pernah dijalaninya seperti Operasi Masoahi, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Operasi G30S/PKI, hingga Operasi Seroja Timor Timur.

4. Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar

Jenderal Kopassus dengan Karier Melejit hingga Bintang Empat, Nomor 4 dan 7 Keluarga Presiden


Jenderal TNI (Purn) Wismowo Arismunandar merupakan salah satu tokoh militer di Indonesia. Lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) yang sekarang bernama Akademi Militer (Akmil) 1963 juga tercatat sebagai prajurit Kopassus yang berhasil menyandang pangkat Jenderal TNI.

Pria kelahiran Bondowoso, Jawa Timur pada 10 Februari 1940 mencapai puncak karier militernya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-17. Adik ipar dari Presiden Soeharto ini merupakan sosok yang sederhana dan dekat dengan prajurit.

Berbagai jabatan strategis yang pernah dijabat antara lain, Dan Grup I Kopassandha, Wadan Kopassandha, Danjen Kopassandha, Pangdam VIII/Trikora, Pangdam IV/Diponegoro, Pangkostrad, Wakasad dan puncaknya menjabat KSAD.

5. Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan

Jenderal Kopassus dengan Karier Melejit hingga Bintang Empat, Nomor 4 dan 7 Keluarga Presiden


Luhut Binsar Pandjaitan merupakah tokoh militer yang sangat disegani di Indonesia. Pria yang kini menduduki jabatan Menko Marves juga merupakan prajurit Kopassus yang berhasil meraih pangkat Jenderal TNI. Peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama sebagai lulusan terbaik Akmil 1970 dari kesatuan Infanteri Kopassus.

Hampir sebagian besar hidup pria kelahiran Toba Samosir, Sumatera Utara (Sumut) pada 28 September 1947 dihabiskan di Korps Baret Merah. Selama 30 tahun menjadi prajurit pasukan elite TNI Angkatan Darat (AD) tersebut, Luhut menorehkan banyak prestasi. Lewat tangan dinginnya, Luhut berhasil melakukan reorganisasi Kopassus.

Di antaranya, mendirikan sekaligus menjadi komandan pertama Detasemen 81 Antiteror Kopassus yang kini bernama Sat 81 Kopassus (Dansat-81 Kopassus). Termasuk membentuk dan menjadi komandan pertama Sekolah Pertempuran Khusus (Sepursus) Detasemen 81/Antiteror Kopassus di Pusdikpassus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)