Profil Sugianto, Jenderal Bintang Satu Kelahiran Watampone Komandan Pasukan Marinir 3

Jum'at, 07 April 2023 - 06:19 WIB
loading...
Profil Sugianto, Jenderal Bintang Satu Kelahiran Watampone Komandan Pasukan Marinir 3
Brigjen TNI (Mar) Sugianto resmi menjabat posisi Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 3 menggantikan Brigjen TNI (Mar) Y Rudy Sulistyanto pada Selasa 7 Februari 2023 lalu. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Brigjen TNI (Mar) Sugianto resmi menjabat posisi Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 3 pada Selasa 7 Februari 2023 lalu. Sugianto menggantikan Brigjen TNI (Mar) Y Rudy Sulistyanto yang dimutasi menjadi (Danpasmar) 2.

Pasmar 3 sendiri merupakan Komando Pelaksana Utama Korps Marinir di wilayah timur Indonesia. Markasnya berada di Kota Sorong, Papua Barat Daya.



Serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto bertempat di Lapangan Hijau Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Jalan Prajurit KKO Usman Harun, Nomor 40, Kwitang, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Sertijab Danpasmar 1 dan Danpasmar 3. Turut hadir pada kesempatan tersebut Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Brigjen TNI (Mar) Cecep Ruhiat, Dankolak Kormar, Para Asisten Dankormar dan Kadis Kormar, Para Asisten Komandan Pasmar 1, 2, dan 3, Para Dankolak Pasmar 1, 2, dan 3 serta Pengurus Jalasenastri Korps Marinir.

Dalam sambutannya, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas kepada para pejabat yang melaksanakan sertijab, sehingga tugas-tugas yang diberikan dapat berjalan sesuai dengan rencana.

“Selamat bertugas di tempat yang baru, semoga sukses selalu dan jadikan pengalaman penugasan sebelumnya untuk diaplikasikan dalam penugasan berikutnya,” ujar Mayjen Widodo.

Seperti apa sepak terjang Brigjen TNI (Mar) Sugianto selama menjalani karier militernya di TNI AL? Dikutip dari tni.mil.id, Jumat (7/4/2023), Sugianto merupakan arbituren Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-39 tahun 1993 yang berasal dari Korps Marinir.

Lulus dari AAL tahun 1993, putra kelahiran Watampone, Sulawesi Selatan 19 Desember 1969 tersebut langsung berdinas di Brigif 1 Marinir. Ia mengawali karier militernya dengan menjabat sebagai Danton 2 Kompi D Yonif 3 Marinir.

Berlanjut menjadi Danton 1 Kompi G Yonif 5 Marinir, Danton Ban Kompi G Yonif 5 Marinir, Wadan Kompi F Yonif 3 Marinir, Danki D Yonif 3 Marinir, dan Pasi 4 Yonif 3 Marinir. Semua jabatan itu dijalani Sugianto ketika berpangkat Letnan sampai Kapten.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)