Profil Y Rudy Sulistyanto, Jenderal Bintang Satu Komandan Pasukan Marinir 2

Rabu, 29 Maret 2023 - 05:43 WIB
loading...
Profil Y Rudy Sulistyanto, Jenderal Bintang Satu Komandan Pasukan Marinir 2
Brigjen TNI (Mar) Y Rudy Sulistyanto resmi menjabat sebagai Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 2 pada Februari 2023 lalu. Foto/Dispen Kormar
A A A
JAKARTA - Brigjen TNI (Mar) Y Rudy Sulistyanto resmi menjabat sebagai Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 2 pada Februari 2023 lalu. Rudy Sulistyanto menggantikan posisi Brigjen TNI (Mar) Suherlan yang mendapat promosi menjadi Wadankormar.

Serah terima jabatan yang dipimpin oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto di Lapangan Hijau Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 40, Kwitang, Jakarta Pusat, Selasa 7 Febuari 2023.



Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Sertijab Danpasmar 1 dan juga Danpasmar 3. Turut hadir pada kesempatan tersebut Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Brigjen TNI (Mar) Cecep Ruhiat, Dankolak Kormar, Para Asisten Dankormar dan Kadis Kormar, Para Asisten Komandan Pasmar 1, 2, dan 3, Para Dankolak Pasmar 1, 2, dan 3 serta Pengurus Jalasenastri Korps Marinir.

Lantas seperti apa sepak terjang Brigjen TNI (Mar) Y Rudy Sulistyanto selama menjalani karier militernya di TNI AL? Dikutip dari tni.mil.id, Rabu (28/3/2023), Rudy Sulistyanto merupakan arbituren Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-37 tahun 1991 yang berasal dari Korps Marinir.

Pria kelahiran Magetan, Jawa Timur 16 Januari 1970 ini pernah menduduki sejumlah jabatan selama karier militernya. Ketika masih berpangkat Letnan Kolonel (Letkol), Rudy Sulistyanto mengawali kariernya sebagai Mulai dari Danyonif-2 Marinir pada 2010.

Masih di tahun yang sama, Rudy Sulistyanto kemudian dimutasi menjadi Kepala Staf (Kastaf) Brigif-1 Marinir. Pelantikan waktu itu dilakukan oleh Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel (Mar) Amir Faisol dalam upacara resmi di Lobby Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Rabu 2 Juni 2010.

Pada 2014, Rudy Sulistyanto lantas diberi amanat menjadi Asisten Operasi (Asops) Danpasmar 2 dan naik pangkat menjadi Kolonel. Dia kemudian dimutasi menjadi Danbrigif 1/Marinir pada 2014 hingga 2015.

Selanjutnya, Rudy Sulistyanto menempati jabatan baru sebagai Komandan Korps Siswa (Dankorsis) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) dan menjadi Dosen Sesko TNI di tahun 2015.

Masih berkutat di dunia pendidikan, Rudy Sulistyanto kemudian digeser menjadi Paban III/Mindik Ditdik Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia atau (Sesko TNI).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)