Pesan Menohok Kemendagri ke ASN Hedon: Hidup Sederhana atau Cari Pekerjaan Lain

Kamis, 06 April 2023 - 04:40 WIB
loading...
Pesan Menohok Kemendagri ke ASN Hedon: Hidup Sederhana atau Cari Pekerjaan Lain
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro menyampaikan pesan menohok kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia meminta ASN menerapkan pola hidup sederhana. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) Suhajar Diantoro menyampaikan pesan menohok kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) . Ia meminta ASN menerapkan pola hidup sederhana.

Pesan itu disampaikan Suhajar saat membuka Workshop Peningkatan Kapasitas ASN di lingkungan Kemendagri dengan tema "ASN Hidup Sederhana: No Flexing/Tidak Hedon", yang berlangsung secara virtual, Rabu (5/4/2023).

Suhajar menekankan, ASN harus mengerti kodrat menjadi pegawai negeri dan selalu menjaga konsistensi untuk hidup sederhana. ASN harus menerapkan prinsip tidak lebih besar pasak daripada tiang. Dia memberi contoh ketika hendak berbelanja atau makan mewah, harus menyesuaikan pendapatan.



“Namanya pegawai negeri ini hidupnya sederhana. Kalau tidak mau hidup sederhana ya, harus memilih pekerjaan yang lain. Itu selalu saya sampaikan kepada pegawai, terutama kepada ASN-ASN yang baru diangkat menjadi CPNS,” ujar Suhajar.

Dia menjelaskan, menurut cashflow quadrant yang dibuat oleh Robert T Kiyosaki, ASN masuk dalam kuadran I atau kuadran pekerja (employee). Kuadran ini tidak menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan dengan tiga kuadran lainnya.

ASN bukan pekerjaan untuk menjadi orang kaya, tapi tugas pengabdian kepada bangsa dan negara, serta memastikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

“Kalau mau kaya jadilah di kuadran IV, yaitu investor, atau kuadran III yaitu manajer, direktur-direktur di perusahaan. Kalau mau pindah kuadran, bisa, mundur jadi pegawai. Kalau kuadran II itu karena profesi, seperti pengacara, dokter,” terangnya.



Oleh karena itu, Suhajar meminta ASN bisa mengendalikan diri jika ingin membeli barang-barang mewah, kemudian dipamerkan. ASN harus tahu betul tempatnya berpijak, karena hidup bukan hanya soal uang, tapi juga kebahagiaan.

“Kehidupan kita ini adalah bagaimana mendapatkan kebahagiaan itu, yang mana kita yakini bahwa kebahagiaan hidup itu tidak selalu tergantung dengan uang. Uang yang ada pada kita ini kita kelolala dengan baik,” katanya.

Sementara motivator dan pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar selaku narasumber menyebutkan, sebagai ASN harus bahagia selain menerapkan hidup sederhana. Dia menyebut tiga kunci kebahagiaan, yaitu physical happiness, emotional happiness, dan spiritual happiness.

“Bahagia itu bukan hanya physical happiness, tetapi juga emotional dan spiritual happiness,” tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)