Maju di Dapil DKI II, Andik Kuswanto Yakin Pecah Telur Kursi untuk PKB

Senin, 03 April 2023 - 16:04 WIB
loading...
Maju di Dapil DKI II, Andik Kuswanto Yakin Pecah Telur Kursi untuk PKB
Aktivis senior PMII Andik Kuswanto. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Aktivis senior Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Andik Kuswanto siap maju sebagai calon anggota legislatif ( caleg ) DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) pada Pemilu 2024. Ia akan satu Daerah Pemilihan (Dapil) dengan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Dapil DKI II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri.

"InsyaAllah siap lahir batin," ujar Andik yang saat ini menjadi Tenaga Ahli Badan Anggaran MPR, Senin (3/3/2024).

Wakil Ketua DPC PKB Kota Tangerang Selatan Periode 2020-2024 itu mengaku termotivasi seniornya yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR Jazilul Fawid. "Selain motivator, beliau juga guru sekaligus teman diskusi saya," ujarnya.



Andik memiliki harapan besar untuk menjadi jalan bagi aspirasi masyarakat khususnya di Dapil DKI II. Menurutnya, Dapil DKI II bukan sekadar pilihan tapi juga tantangan. Sebab, selama ini belum ada kader PKB dari Dapil ini yang sukses mendapatkan kursi DPR.

"Terlebih di Dapil DKI II ada suara rakyat Indonesia yang ada di luar negeri yang sebagian besar adalah pekerja migran. Artinya, jika saya terpilih dan duduk di Senayan, maka saya siap menjadi jembatan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di luar negeri," ujar jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Berdasarkan data pengaduan Crisis Center Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) 2022, kata Andik, beberapa permasalahan yang dihadapi pekerja migran sepanjang 2019-2021 antara lain gaji tidak dibayar, PMI gagal berangkat, perdagangan orang, pekerjaan tidak sesuai perjanjian kerja, tindak kekerasan dari majikan, depresi dan sakit.



Atas beragam permasalahan tersebut, pria kelahiran Gresik, Jawa Timur ini yakin bisa mencarikan solusi jika terpilih menjadi Anggota DPR nanti. "InsyaAllah semua ada solusinya, tinggal kitanya saja mau apa tidak?" kata mantan Ketua Pengurus Pusat Forum Komunikasi Da'I Muda Indonesia itu.

Sementara itu, Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar meminta seluruh kader dan pengurus PKB tidak terlena dengan hasil survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Berdasarkan survei itu, elektabilitas PKB mencapai 10,3% atau masuk tiga besar mengungguli Partai Golkar.

"Kepada seluruh kader dan pengurus, survei itu salah satu indikator. Yang lebih penting dari survei itu pembuktian, jangan lena, jangan lalai, jangan terlalu cepat puas, kita harus bekerja keras membuktikan PKB bisa juara dua di Pemilu 2024," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar di Gresik, Jawa Timur, Minggu (19/3/2023).

Cak Imin mengaku sangat bersyukur atas meningkatnya tren elektabilitas PKB berdasarkan hasil survei SMRC dan sejumlah lembaga survei lainnya. Ia optimistis PKB dapat bertengger di juara dua nasional jika semangat dan kerja keras seluruh kader dan pengurus tetap bergelora.

"Alhamdulillah kita sangat bangga, bersyukur, beberapa lembaga survei, terakhir SMRC, kenaikan PKB cukup signifikan dan ada beberpa lembaga survei yang menunjukkan tren elektabilitas kita menuju dua besar," ujar Cak Imin.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3829 seconds (0.1#10.140)