Daftar Tokoh Nasional dan Organisasi yang Menolak Israel di Gelaran Piala Dunia U-20

Kamis, 30 Maret 2023 - 12:55 WIB
loading...
Daftar Tokoh Nasional dan Organisasi yang Menolak Israel di Gelaran Piala Dunia U-20
Ganjar Pranowo, salah satu tokoh nasional yang menolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - FIFA telah resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023 . Sebelum keputusan tersebut muncul, telah hadir gelombang penolakan terhadap salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023, yaitu Israel.

Dalam hal ini, sejumlah pihak memiliki alasan beragam, termasuk kaitannya dengan Palestina serta amanat nasional Presiden Soekarno.


Tokoh Nasional dan Organisasi yang Menolak Israel di Piala Dunia U-20

Berikut sejumlah tokoh dan organisasi nasional yang menolak kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 2023.

1. Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo saat ini berstatus sebagai Gubernur Jawa Tengah. Dalam permasalahan terkait Piala Dunia U-20, kader PDIP ini diketahui menjadi salah satu tokoh yang menolak Israel untuk berlaga dalam ajang tersebut.

Sama seperti alasan penolakan lainnya, dia menjadikan sikap ini sebagai komitmen bersama sesuai amanat Presiden Soekarno terkait kemerdekaan Palestina.

2. I Wayan Koster

Tak hanya Ganjar, Gubernur Bali I Wayan Koster juga menolak kehadiran Israel di Piala Dunia U-20. Tak tanggung-tanggung, dia bahkan sempat mengirim surat kepada Menpora terkait sikapnya tersebut.

3. Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Berikutnya ada Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mereka bahkan menyebut bahwa semua ormas Islam di Tanah Air tegas menolak kehadiran timnas Israel untuk berlaga di Piala Dunia U-20.

Salah satu dasar penolakan tersebut adalah konstitusi dan solidaritas kepada rakyat Palestina. Dalam hal ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sudarnoto Abdul Hakim menyebut pernyataan itu merupakan hasil dari silaturahmi MUI dengan ormas-ormas Islam pada Jumat, 17 Maret 2023 di Kantor MUI Pusat, Jakarta.


4. Sejumlah Partai Politik

Sejumlah partai politik di Tanah Air juga diketahui menolak keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20. Parpol ini di antaranya adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), hingga Partai Amanat Nasional (PAN).

5. Sejumlah Organisasi Lain

Penolakan terhadap Israel juga datang dari sejumlah organisasi lain di Tanah Air. Salah satunya adalah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Adapun alasannya karena tidak adanya pengakuan Indonesia terhadap eksistensi Israel sebagai sebuah negara.

Kemudian, penolakan lain juga muncul dari organisasi seperti BDS Indonesia, MER-C, Aqsa Working Group (AWG), Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI), dan masih banyak lainnya.

Itulah daftar tokoh nasional dan organisasi yang menolak Israel di gelaran Piala Dunia U-20 2023. Seperti yang diketahui, penolakan tersebut telah disampaikan sejak beberapa waktu terakhir. Sebagai hasilnya, saat ini status tuan rumah Indonesia di ajang tersebut telah resmi dicabut.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)