Deretan Kabareskrim Sukses Jadi Kapolri, Nomor 2 dan 4 Mantan Ajudan Presiden

Kamis, 30 Maret 2023 - 06:01 WIB
loading...
Deretan Kabareskrim Sukses Jadi Kapolri, Nomor 2 dan 4 Mantan Ajudan Presiden
(searah jarum jam) Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri, Jenderal Polisi (Purn) Sutarman, dan Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis, serta Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Reserse Kriminal ( Kabareskrim ) merupakan jabatan strategis yang diemban Perwira Tinggi (Pati) Polri. Tidak sedikit mantan Kabareskrim yang dikemudian hari menjabat sebagai Kapolri.

Mengacu pada Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019, Bareskrim dipimpin oleh seorang Kabareskrim yang berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Mengutip laman resmi www.polri.go.id dijelaskan bahwa Kabareskrim dijabat oleh jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen). Dalam struktur Polri, hanya ada lima Pati Polri yang menyandang pangkat bintang tiga. Mereka adalah, Wakapolri, Itwasum, Kabareskrim, Kabaharkam, dan Kabaintelkam.

Sejak Korps Bhayangkara didirikan tercatat ada 22 Pati Polri yang menjabat sebagai Kabareskrim. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya berhasil menapaki puncak kariernya menjadi Kapolri.

Berikut ini deretan Kabareskrim yang sukses menduduki jabatan Kapolri:

1. Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri

Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri atau dikenal dengan sebutan BHG ini merupakan Kabareskrim ke 11. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1974 menjadi Kabareskrim pertama yang sukses menduduki jabatan sebagai Kapolri.

Pria kelahiran Bogor, Jawa Barat pada 10 Oktober 1952 ini menjabat sebagai Kapolri selama dua tahun sejak 2008 hingga 2010 di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mengawali kariernya sebagai Wakasat Sabhara Polresta Bogor di bawah Polda Jawa Barat ini, BHD yang berasal dari satuan Reserse ini banyak menduduki jabatan strategis di Polri. Berikut Ini Jabatan yang pernah diemban BHD:

• Kapolres Jayapura Polda Papua
• Wakapolwil Bogor Polda Jawa Barat
• Kadit Serse Polda Nusa Tenggara Barat
• Kadit Serse Polda Bali
• Kadit Serse Polda Jawa Timur
• Kadit Serse Polda Metro Jaya
• Kapolda Kalimantan Selatan
• Kapolda Sumatera Utara
• Kabareskrim
• Kapolri

2. Jenderal Polisi (Purn) Sutarman

Sutarman tercatat sebagai Kabareskrim ke 14 yang menjabat selama dua tahun terhitung 2011 hingga 2013. Sutarman menjadi Kabareskrim kedua yang sukses menjadi Kapolri ke-21.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1981 dari satuan Reserse ini diangkat menjadi Kapolri di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sutarman menggantikan seniornya Jenderal Polisi Timur Pradopo yang memasuki masa purna tugas. Sutarman menjabat sebagai Kapolri ke 21 selama dua tahun yakni 2013 hingga 2015.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)