Legislator PAN Yakin Kinerja Erick Thohir Berkontribusi pada Melejitnya Elektabilitas

Selasa, 28 Maret 2023 - 13:15 WIB
loading...
Legislator PAN Yakin Kinerja Erick Thohir Berkontribusi pada Melejitnya Elektabilitas
Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan santunan kepada anak yatim piatu usai peresmian Graha PENA 98, HOS. Cokroaminoto, Jakarta, Minggu (19/2/2023). Foto/Dok MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Intan Fauzi menilai melejitnya hasil survei Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) potensial telah sesuai dengan preferensi publik, kiprah serta kinerjanya selama ini. Hal ini menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia pada Minggu (26/3/2023), yang menemukan bahwa Erick Thohir stabil pada berbagai pola survei sebagai 'Tokoh yang Paling Pantas Sebagai Calon Wakil Presiden', dengan dukungan publik yang kian meningkat.

"Pengalamannya Pak Erick sangat kaya, berbagai penugasan kepadanya diselesaikan dengan sangar baik, dari Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 yang berjalan sukses, kemudian dipercaya sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi dan Ma'ruf Amin dan sebagainya. Berbagai jejak rekamnya menempatkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai kandidat cawapres potensial di Pilpres 2024," kata Intan kepada waratwan yang dikutip Selasa (28/3/2023).

Menurutnya, Erick Thohir yang saat ini dipercaya sebagai Menteri BUMN semakin menambah daftar panjang kesuksesannya dalam menyelesaikan tugas yang diberikan Presiden Jokowi. Selama memimpin BUMN, lanjut Intan, Erick Thohir juga melaksanakan sejumlah terobosan melalui kebijakan konkret yang konsisten dan dampaknya sangat dirasakan masyarakat, terutama dari sektor penguatan ekonomi.





"Kalau tidak memiliki rekam jejak yang mumpuni, mereka yang ditempatkan di BUMN akan kesulitan menerjemahkan dan mengeksekusi apa yang dimaui Presiden Jokowi. Dan itu tidak berlaku pada Menteri Erick," ujar Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN) itu.

Intan menjelaskan, rekam jejak dimaksud adalah aktivitasnya sebagai pelaku usaha nasional membuat kompetensi kepemimpinannya semakin kuat. Berkat kepemimpinannya, Kementerian BUMN tercatat berhasil membuat laba pendapatan BUMN semakin meningkat pesat.

Intan pun menguraikan kebijakan Kementerian BUMN yang sangat dirasakan masyarakat. Dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), program kerakyatan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Mekaar, Makmur, Sembrani Fund, Merah Putih Fund, Rumah BUMN, sampai dengan PaDi BUMN.

Semuanya dinilai berjalan sesuai dengan harapan orang banyak. "Kenaikan elektabilitas Erick Thohir ini tentu tidak bisa dipisahkan dari kinerjanya selama ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan hasil survei di Jakarta, Minggu 26 Maret 2023, menemukan kecenderungan naiknya elektabilitas nama Erick Thohir stabil pada berbagai pola survei Tokoh yang Paling Pantas Sebagai Calon Wakil Presiden, baik pada posisi 18 nama, 9 nama, 7 nama, maupun 5 nama.

Pada pola 18 nama, elektabilitas Erick Thohir meningkat dari 8,8% pada Desember 2022 menjadi 12,9% pada Februari 2023. Demikian juga dengan pola survei 9 nama, elektabilitas Erick Thohir pun meningkat dari 10,3% pada Desember 2022 menjadi 14,5% pada Februari 2023.

Sementara pada simulasi 7 nama cawapres, elektabilitas Erick Thohir meningkat dari 19,6% pada Desember 2022 menjadi 21,3%. Begitu pula dengan simulasi 5 nama cawapres, elektabilitas Erick Thohir melonjak dari 12,9% pada November 2022 dan 13,2% pada Desember 2022 menjadi 17,4% pada Februari 2023.

Burhanuddin menyebutkan bahwa elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menurun dibandingkan dengan elektabilitas Erick Thohir. Pada simulasi 5 nama, elektabilitas Ridwan Kamil menurun dari 25,2% pada November 2022 dan 25,9% pada Desember 2022 menjadi 22,0% pada Februari 2023.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)