Survei Indikator: Ridwan Kamil Raih Dukungan Terbanyak sebagai Cawapres

Minggu, 26 Maret 2023 - 22:17 WIB
loading...
A A A
"Dalam survei tersebut dukungan terhadap Erick Thohir meningkat. Namun demikian, angkanya masih berada di bawah RK," ucapnya.

Tidak hanya muncul dalam jajaran cawapres yang paling banyak dipilih, kata Burhanuddin, sosok RK juga masuk dalam hasil survei capres. Perolehan dukungan untuk RK hanya kalah dari Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

"Dalam simulasi 34 nama capres, RK menduduki posisi empat dengan 6,3% pemilih. Dalam simulasi 19 nama, RK juga berada di posisi empat dengan 7% pemilih. Dalam simulasi sepuluh nama, RK pun masih berada di posisi empat dengan 8,3% pemilih," katanya.

Burhanuddin menyatakan, meski tiga besar capres masih diisi nama yang sama, namun belum ada satupun capres yang dominan mendapat pemilih. Karena itu, walau posisi mereka nyaris tidak akan tergeser sampai Pemilu 2024 nanti, para capres tersebut butuh cawapres yang tepat.

”Maka penting untuk kita melihat bakal calon wakil presiden yang mampu menutupi kelemahan elektoral dari tiga nama teratas tadi,” bebernya.

Dalam survei tersebut, Indikator Politik Indonesia hanya menanyai responden yang sudah berumur 17 tahun atau lebih. Penarikan sampel mereka lakukan dengan metode multistage random sampling.

Survei yang dilakukan pada 9-16 Februari 2023 dilakukan terhadap 1.220 responden dengan margin of error sekitar 2,9%. Sementara survei yang dilakukan pada 12-18 Maret dilakukan terhadap 800 responden dengan margin of error sekitar 3,5%.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)