Survei Indikator: Ridwan Kamil Raih Dukungan Terbanyak sebagai Cawapres

Minggu, 26 Maret 2023 - 22:17 WIB
loading...
Survei Indikator: Ridwan Kamil Raih Dukungan Terbanyak sebagai Cawapres
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi cawapres terkuat di Pilpres 2024 berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden (cawapres) terkuat di Pilpres 2024. Hal ini terpotret dari hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia.

Meski ada penurunan elektabilitas, namun hasil survei yang dibuka kepada publik pada Minggu, 26 Maret 2023 menunjukkan elektabilitas pria yang akrab disapa RK sebagai cawapres masih lebih tinggi dari kandidat lainnya.

Dalam survei yang dilaksanakan pada Februari dan Maret 2023 tersebut, RK dinilai paling pantas menjadi cawapres. Dia unggul dalam survei dengan simulasi 18 nama, 8 nama, maupun simulasi 5 nama.

Baca juga: Elektabilitas Erick Thohir sebagai Cawapres Melesat

Pada ketiga simulasi itu, elektabilitas RK selalu berada di atas 20%. Unggul dari nama-nama lain seperti Sandiaga Salahuddin Uno, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Erick Thohir yang elektabilitasnya masih di bawah 20%.

Pada simulasi 18 nama cawapres, hasil survei Indikator Politik Indonesia memotret responden yang memilih RK sebanyak 20,3%. Sementara responden yang memilih Sandi Uno 14,2%, AHY 13,4%, dan Erick Thohir 12,9 persen.

"Ridwan Kamil peringkat pertama. Tapi, selisihnya tidak terlalu jauh dibanding Sandiaga, AHY, dan Erick Thohir," ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Minggu (25/3/2023).

Pada simulasi sembilan nama cawapres, RK lagi-lagi unggul dengan 21,2%. Angka itu menempatkan mantan wali kota Bandung tersebut sebagai cawapres paling kuat bila dibandingkan dengan Sandi Uno yang mendapat 16,4%, AHY dengan 14,5%, serta Erick Thohir dengan 14,5%.

Baca juga: Survei Indikator: Ganjar Unggul, Prabowo dan Anies Terpaut Tipis

Sementara itu, pada simulasi lima nama cawapres, responden yang memilih RK sebagai cawapres juga yang tertinggi. Rinciannya, 22% responden menilai RK paling pantas jadi cawapres, kemudian 17,6% memilih Erick Thohir, dan 17,2% memilih AHY, sementara 16,3% memilih Sandi Uno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3266 seconds (0.1#10.140)