Umumkan 45 Cakada, PDIP Dinilai Paling Siap Hadapi Pilkada

Sabtu, 18 Juli 2020 - 22:04 WIB
loading...
Umumkan 45 Cakada, PDIP Dinilai Paling Siap Hadapi Pilkada
Langkah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan 45 calon kepala daerah (Cakada) yang diusung dalam Pilkada serentak 2020 patut diapresiasi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Langkah politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan 45 calon kepala daerah (Cakada) yang diusung dalam Pilkada serentak 2020 patut diapresiasi. Di saat partai-partai lain masih merahasiakan calon yang akan diusung, partai berlambang banteng itu justru percaya diri mengumumkan calonnya.

(Baca juga: PDIP Umumkan 45 Paslon Pilkada 2020, Berikut Daftar Lengkapnya)

Pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Idil Akbar mengatakan, sebagai partai pemenang pemilu tentu PDIP merasa percaya diri. Bagi PDIP yang terpenting adalah mempersiapkan diri dari awal. (Baca juga: Polemik RUU HIP, Pengamat: Makzulkan Jokowi dan Bubarkan PDIP Berlebihan)

"Cara PDIP ini menurut saya bagus. Partai lain kenapa harus malu-malu mengungkapkan siapa calon yang akan diusung. Bagi saya itu langkah politik strategis yang diambil PDIP dalam menghadapi Pilkada," kata Idil, Sabtu (18/7/2020).

Idil mengatakan, ada banyak keuntungan diperoleh parpol peserta Pilkada termasuk PDIP saat mengumumkan lebih awal calon yang diusung. Selain persiapan lebih matang, masyarakat juga akan lebih kenal calon kepala daerah yang akan mereka pilih.

"Jika sejak awal calon yang diusung diumumkan, partai politik akan jauh lebih baik dalam menyiapkan pilkada ini. Masyarakat juga akan semakin kenal calon yang akan mereka pilih," terang Idil. (Baca juga: Megawati Minta Gibran dan Calon Kepala Daerah PDIP Lainnya Tak Berleha-leha)

Lebih lanjut, Idil mengatakan langkah PDIP mengumumkan lebih awal calon kepala daerah yang mereka usung semakin menegaskan kualitas kinerja PDIP dalam melayani rakyat

"Meski baru 45 kepala daerah yang diumumkan PDIP dan masih banyak kepala daerah lain yang belum diumumkan, paling tidak dengan itu PDIP secara politik telah menentukan standarnya. Partai lain harus melihat ini," ucap Idil.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1497 seconds (0.1#10.140)