Ramadan 2023, JK: Masjid-masjid Ramai Sekali, Alhamdulillah

Sabtu, 25 Maret 2023 - 00:59 WIB
loading...
Ramadan 2023, JK: Masjid-masjid Ramai Sekali, Alhamdulillah
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) bersyukur tidak ada lagi pembatasan untuk menunaikan ibadah di masjid. Foto/MPI/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla ( JK ) bersyukur tidak ada lagi pembatasan untuk menunaikan ibadah di masjid. JK senang masjid-masjid saat Ramadan 2023 sudah mulai ramai.

"Tidak ada (pembatasan). Luar biasa ini, masjid-masjid di mana-mana ramai sekali, sekarang. Alhamdulilah," kata JK saat ditemui di Kantor DMI, Jakarta Timur, Jumat (24/3/2023).

Dia menuturkan, tidak adanya pembatasan dalam masjid sesuai dengan surat edaran pemerintah. Misalnya, tidak ada lagi jarak, hingga dibolehkannya melepas masker di tempat umum, termasuk di dalam masjid.



"Pemerintah sudah mengeluarkan surat pemberitahuan bulan Desember lalu," kata mantan Wakil Presiden (Wapres) ini.

Maka itu, JK mengajak semua umat muslim, khususnya para pemuda untuk meramaikan kembali masjid sebagai pusat ibadah dan kegiatan lainnya. Sehingga, masjid-masjid di Indonesia semakin hidup, terlebih di bulan suci Ramadan.

Dia mengungkapkan, meskipun tidak ada lagi pembatasan, namun masyarakat diminta untuk tetap menjaga kebersihan termasuk saat akan memasuki tempat ibadah seperti masjid. "Di dalam agama kita, kebersihan itu nomor satu. Sebelum salat, kita wudhu. Wudhu pada dasarnya adalah kebersihan dan kebersihan adalah sebagian daripada iman," tuturnya.

Sebab, kata JK, kebersihan merupakan bagian dari tatanan kehidupan. Oleh karenanya sangat penting untuk diperhatikan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)