Hidup Roller Coaster Jenderal TNI Widodo, Disayang Lalu Dibuang Soeharto

Rabu, 22 Maret 2023 - 06:18 WIB
loading...
A A A
Hidup Roller Coaster Jenderal TNI Widodo, Disayang Lalu Dibuang Soeharto
Perjalanan karier militer Widodo benar-benar seperti permainan roller coaster. Sempat pergerakan pangkatnya sangat lamban, kini dia justru meroket. Tak main-main, lulusan pendidikan infanteri di Fort Benning Amerika Serikat itu menembus posisi tertinggi Angkatan Darat.

Widodo resmi dilantik sebagai KSAD, menggantikan Jenderal TNI Makmun Murod. Upacara pelantikan di lapangan Parkir Timur Senayan dipimpin Menhankam/Pangab Jenderal TNI Maraden Panggabean, 28 Januari 1978. Dengan demikian, Widodo menjadi KSAD ke-12. Tugas-tugas regular memimpin matra Darat pun dilaksanakan dengan baik.

Di antara berbagai pekerjaan itu, ada satu yang menarik perhatian Istana. Tak lama diangkat menjadi KSAD, Widodo membentuk Fosko TNI AD. Forum komunikasi ini sesungguhnya dimaksudkan sebagai wadah bagi para purawiran TNI AD untuk memberik masukan dan menyampaikan unek-unek mereka.

Persoalannya, mereka yang tergabung dalam Fosko TNI AD adalah para purnawirawan jenderal yang selama ini sangat galak terhadap Soeharto. Jenkins menggambarkan, sejumlah perwira aktif senior berpangka tinggi menyatakan dukungannya terhadap Fosko. Keanggotaan fosko pun melibatkan sejumlah tokoh perwira terkemuka mantan pentinggi militer di antaranya terkenal suka bicara tajam.

“Presidium Fosko terdiri atas (pensiunan) Letjen GPH Djatikusumo, Letjen R sudirman dan Mayjen Achmad Sukendro. Sebagai sekretaris jenderal yaitu Letjen HR Dharsono,” kata Jenkins. Di bidang politik terdapat Letjen AJ Mokoginta dan Brigjen Daan Jahja. Tertera pula nama Letjen M Jasin di bidang ekonomi Fosko.

Deretan nama jenderal ini jelas bukan orang yang satu frekuensi dengan Soeharto. Para jenderal vokal itu dalam beberapa tahun telah dengan tajam mengkritik Orde Baru serta posisi ABRI yang digiring ke politik. Kesenjangan ekonomi masyarakat tak luput menjadi isu-isu yang sangat keras mereka suarakan. Muaranya satu: Soeharto dianggap tak becus memimpin negara.

“Pada intinya, Fosko menghendaki ‘perubahan sistim’ demi infrastruktur yang lebih baik, melalui berbagai pertemuan dan dialog dengan pimpinan TNI,” kata Sri Bintang Pamungkas dalam ‘Ganti Rezim Ganti Sistim: Pergulatan Menguasai Nusantara’ (hal 29).

Keberadaan Fosko jelas membuat Cendana—istilah lain untuk menyebut Soeharto—gusar. Imbasnya, jabatan Widodo tak berumur panjang. The Smiling General menyetujui usulan pergantian KSAD, hanya dua tahun setelah Widodo menjabat.
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)