Terima Baznas Award 2023, Tarmizi Tohor Persembahkan untuk Pegawai Dit Zawa Kemenag

Selasa, 21 Maret 2023 - 20:18 WIB
loading...
Terima Baznas Award 2023, Tarmizi Tohor Persembahkan untuk Pegawai Dit Zawa Kemenag
Baznas memberikan penghargaan kepada Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi Tohor karena berkontribusi dalam optimalisasi pengelolaan zakat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan penghargaan kepada elemen sosial masyarakat hingga pejabat publik yang peduli dengan kebangkitan, ketahanan, dan pertumbuhan ekonomi umat serta daerah usai dihantam pandemi Covid-19 melalui program zakat .

Salah satunya, penghargaan yang diberikan Baznas kepada Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi Tohor yang dinilai memiliki banyak berkontribusi dalam optimalisasi pengelolaan zakat untuk kesejahteraan umat.



Penghargaan diberikan dalam Baznas Award 2023 yang diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jakarta, Senin (21/3/2023), yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sejumlah menteri, dan kepala daerah seluruh Indonesia.

Tarmizi mengatakan penghargaan yang diberikan negara kepadanya sebagai pejabat publik pendukung zakat sejahterakan umat adalah bentuk apresiasi pemerintah kepada seluruh pegawai Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Dit Zawa) yang bekerja tanpa henti untuk menghidupkan kembali perekonomian umat pasca pandemi.

“Penghargaan ini sejatinya untuk segenap pegawai Dit Zawa yang telah mewakafkan dirinya dalam program zakat untuk kesejahteraan umat dan daerah, bukan hanya saya,” ujar Tarmizi Tohor kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Tarmizi mengklaim Dit Zawa telah menginisiasi dan menjalankan beberapa program zakat tepat, cepat, terukur serta efisien dalam optimalisasi pengelolaan zakat kepada umat dan daerah yang membutuhkan.

Di antaranya adalah program Kampung Zakat, kolaborasi antara Ditjen Bimas Islam Kemenagdengan Baznas dan berbagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang telah digulirkan sejak tahun 2018.

Dengan sinergi ini, Dit Zawa memastikan program Kampung Zakat akan berkembang seiring potensi yang dimiliki daerah, misalnya peningkatan budidaya perikanan, perkebunan, UMKM, dan usaha lainnya yang menjadi kearifan atau keunggulan lokal daerah.

Putera asli Kabupaten Meranti ini menyebut Kampung Zakat sebagai upaya jitu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan mengangkat ekonomi umat di berbagai daerah di Indonesia, khususnya daerah 3T yakni terdepan, terluar, dan tertinggal melalui pendayagunaan zakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7180 seconds (0.1#10.140)