Wapres Minta Sertifikasi Kompetensi Amil Zakat Diperbanyak

Selasa, 21 Maret 2023 - 13:38 WIB
loading...
Wapres Minta Sertifikasi Kompetensi Amil Zakat Diperbanyak
Wapres Maruf Amin minta sertifikasi kompetensi amil zakat diperbanyak, untuk menambah kepercayaan muzaki karena dana zakatnya dikelola dengan profesional. Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Sertifikasi kompetensi amil zakat diminta diperbanyak, untuk menambah kepercayaan muzaki karena dana zakatnya dikelola dengan profesional. Permintaan ini disampaikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Saya minta sertifikasi kompetensi amil zakat agar terus diperbanyak. Sebagai komponen utama ekosistem zakat, sertifikasi ini akan menambah kepercayaan muzaki karena dana zakatnya dikelola oleh pihak yang profesional," kata Wapres saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-22 Baznas di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2023).

Pada kesempatan itu, Wapres juga meminta agar potensi, kekuatan, dan tantangan dari tiap komponen ekosistem zakat perlu dipetakan dengan saksama.

"Selanjutnya, agar disusun strategi penguatan dari masing-masing komponen ekosistem zakat tersebut. Lakukan kolaborasi dan sinergi program dengan pemangku kepentingan terkait," ucapnya.

Baca juga: Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah

MoU Baznas dengan KNEKS

Wapres pun telah mendapatkan laporan bahwa Baznas telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) untuk berkolaborasi mengembangkan ekosistem dan kinerja zakat nasional.

"Ini adalah langkah yang tepat. Saya minta program strategis dan kolaboratif yang betul-betul memperkuat tiap unsur dari ekosistem zakat nasional, agar segera dipetakan dan disusun," jelas Wapres.



Wapres juga meminta agar program yang telah berjalan bersama KNEKS agar tetap dilanjutkan, seperti pengintegrasian pelaporan zakat berbasis sistem informasi Baznas.

"Pemanfaatan data dan digitalisasi ini sangat penting untuk penguatan komponen pendukung ekosistem zakat," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)