Survei LSI Denny JA: Perolehan Suara Partai Islam Potensial Turun di Pemilu 2024

Jum'at, 17 Maret 2023 - 17:18 WIB
loading...
Survei LSI Denny JA: Perolehan Suara Partai Islam Potensial Turun di Pemilu 2024
Direktur CPA-LSI Denny JA, Ade Mulyana memaparkan, hasil survei terbaru LSI perolehan suara partai berbasis Islam potensial turun di Pemilu 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dukungan suara terhadap partai politik (parpol) berbasis Islam diperkirakan turun pada Pemilu 2024. Bahkan potensial paling kecil sepanjang sejarah pemilu bebas di Indonesia.

Hal ini merupakan temuan survei terbaru LSI Denny JA yang dilaksanakan pada 4 hingga 15 Januari 2023. Data survei kemudian diperkuat riset kualitatif yang dilakukan dengan analis media, Focus Group Discussion (FGD), dan indepth interview.

Direktur CPA-LSI Denny JA, Ade Mulyana memaparkan, sebagian besar publik menganggap beberapa parpol sebagai partai Islam. Parpol itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, dan Partai Ummat.



Sementara itu, beberapa parpol lain dianggap publik sebagai partai nasionalis atau terbuka. Parpol itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Buruh, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).



"Dari tiga partai papan atas (partai dengan dukungan di atas 10%), tidak ada partai berbasis Islam. Persentase partai berbasis Islam di partai papan atas adalah nol," kata Ade Mulyana, Jumat (17/3/2023).

Ade memaparkan, berdasarkan survei LSI Denny JA, partai papan atas, pertama ditempati PDIP dengan dukungan sebesar 22,7%; kemudian disusul Golkar dengan 13,8%; dan Gerindra dengan 11,2%. Ketiga partai papan atas dianggap publik sebagai partai berbasis terbuka atau nasionalis.

Di papan tengah partai dengan dukungan 4% hingga 10%, kata Ade, parpol berbasis Islam hanya dua, yakni PKB dan PKS. Di kelompok ini, paling tinggi adalah PKB dengan dukungan dukungan 8,0%; diikuti Partai Demokrat 5,0%; PKS 4,9%, dan Partai Nasdem dengan dukungan 4,4%.

"Dari partai papan bawah (partai dengan dukungan 1% sampai 4%), partai berbasis Islam ada dua partai yaitu PPP dan PAN. Masing-masing meraih 2,1% dan 1,9%," kata Ade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)