Deretan Komunitas di Kementerian, Nomor 6 Cocok untuk Kamu yang Hobi Berpetualang

Kamis, 16 Maret 2023 - 14:08 WIB
loading...
Deretan Komunitas di Kementerian, Nomor 6 Cocok untuk Kamu yang Hobi Berpetualang
Air Terjun Curug Telu di lereng Gunung Slamet, Jawa Tengah. Untuk kamu yang tergabung dalam komunitas traveller, lokasi ini bisa jadi pilihan untuk dikunjungi. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deretan komunitas di lingkungan Kementerian menarik untuk diulas. Setelah sibuk bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), mereka meluangkan waktu untuk bergabung di komunitas.

Komunitasnya pun beragam, mulai dari sastra, teater, travel, hingga olahraga. Komunitas ini juga kerap melakukan bakti sosial hingga tampil di acara kementerian.

Berikut SINDOnews tampilkan deretan komunitas yang ada di sejumlah Kementerian:

1. Komunitas Sastra Kemenkeu


Kemenkeu (Kementerian Keuangan) mempunyai beberapa komunitas di lingkungannya. Salah satu komunitas tersebut adalah Komunitas Sastra. Melansir Instagram @komsaskeu, komunitas ini kerap mengadakan kegiatan, seperti lomba cipta puisi, lomba baca puisi, serta webinar puisi.

Tak sekadar sebuah komunitas, Komunitas Sastra Kemenkeu juga melakukan penggalangan dana untuk korban bencana. Seperti yang terlihat di laman Instagram-nya pada 27 Januari 2021, Komunitas Sastra Kementerian Keuangan mempersembahkan Parade Puisi Peduli Negeri. Seluruh penjualan tiket tersebut didonasikan melalui ASNation untuk korban bencana kemanusiaan di Indonesia.

2. Komunitas Teater di DJPPR Kemenkeu


Berawal dari pertunjukan kegiatan seni ketika rapat koordinasi dan rapat pimpinan, sejumlah pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan yang memiliki minat yang sama di bidang seni peran pun berkumpul dalam satu wadah. Mereka membentuk komunitas bernama Teater di DJPPR.

Komunitas yang telah berdiri sejak 2018 ini unik, karena tidak memiliki susunan organisasi, seperti ketua, wakil ketua, bendahara, dan lain lain. Seluruh anggota komunitas ini memiliki peran yang sama untuk saling berbagi pengalaman hingga berekspresi. Teater di DJPPR juga sering berkesempatan mengisi kegiatan internal kantor hingga tampil di acara yang dihadiri oleh Menteri Keuangan.

3. Komunitas Runners Kementan


Beberapa pencinta olahraga lari di Kementan (Kementerian Pertanian) sepakat untuk membangun Komunitas Runners. Komunitas Runners ini dibentuk pada Mei 2008. Awalnya, komunitas ini mempunyai formasi 5 orang yang terdiri dari Sekjen, Ditjen Perkebunan, dan BPPSDMP. Mereka lalu mengajak rekan-rekan lainnya untuk bergabung. Setelah terkumpul 17 orang, terbentuklah komunitas ini.

Tujuan dibentuknya Kementan Runners adalah guna menularkan virus olahraga khususnya lari. Selain itu, komunitas ini mengajak para pegawai Kementerian Pertanian untuk senantiasa berolahraga menuju badan yang sehat, serta jiwa yang kuat. Komunitas Runners biasa berlatih seminggu dua kali, yaitu hari Rabu dan Jumat di area kantor Kementan di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan. Keanggotaan komunitas ini terbuka untuk umum.

4. Kemenkes Archery


Kemenkes Archery merupakan komunitas penggemar olahraga memanah di Kemenkes (Kementerian Kesehatan). Komunitas yang berdiri sejak 2018 ini dibentuk untuk membudayakan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), memperkenalkan literasi panahan, hingga alternatif aktivitas fisik bagi para pegawai.

Keanggotaan Kemenkes Archery terbuka untuk umum. Adapun jadwal latihannya dilakukan setiap Jumat. Kegiatan yang pernah dilakukan Kemenkes Archery antara lain latihan bersama orang tua dan anak pada 2019, serta adu titis jemparingan Haornas 2019.

5. Generasi Muda Kementerian PUPR

Generasi Muda (Genmud) merupakan komunitas di Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) yang dibentuk tahun 90-an. Hingga saat ini, komunitas Genmud telah berkembang pesat, terstruktur, dan terorganisasi. Hal ini karena adanya perwakilan koordinator dan wakil koordinator pada masing unit organisasi. Anggota komunitas ini mencakup seluruh insan PUPR yang berusia di bawah 45 tahun.

Tujuan utama dari Genmud adalah melestarikan dan memajukan budaya organisasi PUPR, mengakselerasi pengembangan SDM untuk mengurangi gap kompetensi, serta membangun jejaring kerja di internal dan eksternal Kementerian PUPR. Kegiatan yang dilakukan Genmud beragam, mulai dari dialog, kolaborasi, program bijak kelola sampah, hingga peduli bencana.

6. Komunitas Traveller Kemenkeu


Komunitas Traveller ini dibentuk pada 3 Juni 2021. Awal terbentuknya komunitas ini adalah sebagai tempat mencari partner dalam berpetualang serta menjalin silaturahmi antarpegawai Kemenkeu di luar pekerjaan.

Keanggotaan komunitas ini terbuka untuk seluruh pegawai Kemenkeu dari Sabang hingga Merauke. Tak cuma jalan-jalan, komunitas Traveller Kemenkeu juga memiliki visi menjadi wadah bertukar informasi travelling, wisata budaya, serta mendorong anggota melakukan hal positif, seperti bakti sosial sambil traveling.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)