Dubes Vasyl Hamianin Apresiasi Dukungan Muhammadiyah

Jum'at, 10 Maret 2023 - 19:22 WIB
loading...
A A A
Menurut dia, Muhammadiyah berkomitmen pada perdamaian dunia. Muhammadiyah juga menyampaikan rasa prihatin atas situasi dan kondisi yang terjadi di Ukraina. Apalagi, di Ukraina ada sekitar 800 ribu penduduk beragama Islam.

“Oleh karena itu maka, pertemuan ini sangat penting untuk membangun kesadaran kita bersama, dan juga membangun komitmen kita bersama untuk bagaimana agar situasi di Ukraina bisa membaik dan bagaimana agar invasi Rusia dapat dihentikan,” katanya.

Tamila Tasheva dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada sikap konsisten Indonesia di dalam Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ketika membahas persoalan Ukraina yang menjadi korban agresi Rusia.

“Lebih dari satu juta Muslim Ukraina terutama Krimea Tartar sudah mengalami persekusi dari Rusia sejak tahun 2014, dan saat ini sedikitnya 181 warga Krimea Tartar menjadi tahanan politik di bawah pemerintah Rusia yang menjajah Krimea,” tuturnya.

Menurut Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin, dukungan Muhammadiyah sangat penting dan mendesak mengingat dalam waktu kurang dari 20 hari umat Muslim Ukraina, bersama saudara-saudara Muslim Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa.

“Tahun lalu dan tahun ini, Muslim Ukraina masih merayakan ibadah Puasa dengan penuh keprihatinan. Perusakan infrastruktur terhadap rumah ibadah maupun instalasi air bersih oleh Rusia membuat umat Muslim harus menjalankan ibadah tanpa berwudhu,” pungkasnya.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)