Dubes Vasyl Hamianin Apresiasi Dukungan Muhammadiyah

Jum'at, 10 Maret 2023 - 19:22 WIB
loading...
Dubes Vasyl Hamianin Apresiasi Dukungan Muhammadiyah
Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin berterima kasih kepada organisasi Islam Muhammadiyah yang konsisten mendukung kedaulatan Ukraina. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin berterima kasih kepada organisasi Islam Muhammadiyah yang konsisten mendukung kedaulatan Ukraina. Dia menyampaikan ucapan terima kasihnya itu mewakili bangsa Ukraina.

“Bangsa Ukraina menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya terhadap dukungan Muhammadiyah, salah satu organisasi umat Islam di Indonesia bagi kedaulatan wilayah yang selama lebih dari sembilan terakhir dilanggar secara sengaja oleh Rusia,” ujarnya, Minggu (5/3/2023).

Pekan lalu Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima kunjungan silaturahim Perwakilan Tetap Presiden Ukraina di Republik Otonomi Krimea Tamila Tasheva dan Kepala Departemen Platform Krimea di Perutusan Presiden Ukraina untuk Republik Otonomi Krimea Maria Tomak.



Selain itu, turut hadir dua perwakilan parlemen Ukraina (Rada) yakni Vadym Halaichuk dan Mariia Mezentseva. Rombongan ini didampingi Dubes Ukraina untuk Republik Indonesia, Vasyl Hamianin.

Dalam pertemuan di Kantor PP Muhammadiyah Jakarta, Jalan Menteng Raya 62, Kamis (2/3/2023) tersebut hadir secara langsung Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni ditemani Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti dan Sekretaris PP Muhammadiyah Izzul Muslimin.

Sekretaris Umum Abdul Mu’ti mengatakan kunjungan ini adalah silaturahmi kali kesekian antara elemen pemerintah Ukraina kepada Muhammadiyah. Sebelumnya rombongan dari Ukraina ini telah berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dia menjelaskan, silaturahmi ini ikut membahas situasi dan perkembangan politik aktual di Ukraina. Selain itu para delegasi berharap peran Muhammadiyah di dunia internasional dalam menggaungkan upaya ke arah resolusi konflik.

“Pertemuan di PP Muhammadiyah ini juga menyampaikan hal yang sama di mana mereka sekarang memang dalam keadaan yang sangat sulit, setelah setahun invasi Rusia ke Ukraina memang semakin banyak masyarakat yang menderita,” kata Abdul Mu’ti usai pertemuan.

Abdul Mu’ti yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) periode 2023-2028 tersebut telah menerima harapan delegasi Ukraina agar Muhammadiyah dapat mendukung secara politik untuk menguatkan bangsa Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)