7 Pegawai KPK Positif Corona, 50 Tahanan Jalani Tes Swab

Jum'at, 17 Juli 2020 - 14:54 WIB
loading...
7 Pegawai KPK Positif Corona, 50 Tahanan Jalani Tes Swab
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar tes swab RT-PCR terhadap 50 tahanan. Foto/okezone/arie dwi satrio
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar tes swab RT-PCR (Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction) terhadap 50 penghuni Rumah Tahanan (Rutan) lembaga antirasuah tersebut, Jumat (17/7/2020).

Tes swab terhadap 50 tahanan tersebut dilakukan menyusul adanya tujuh pegawai KPK yang positif terinfeksi virus Corona (Covid-19), medio Mei hingga Juli 2020. Dari tujuh pegawai tersebut, lima di antaranya dinyatakan sudah sembuh dan dua lainnya saat ini masih dikarantina, baik di rumah sakit maupun mandiri. (Baca juga: Tujuh Pegawai KPK Positif Covid-19)

"Sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di KPK secara berkelanjutan, KPK dengan dukungan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan tes swab RT-PCR kepada 50 tahanan," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Jumat (17/7/2020). (Baca juga: KPK Bakal Kembali Gelar Rapid Test Setelah 7 Pegawainya Positif Corona)

Sebanyak 50 tahanan KPK yang melakukan tes swab tersebut, kata Ali, berasal dari tiga rumah tahanan, yakni Rutan KPK Gedung Merah Putih, Rutan KPK C1, dan Rutan Pomdam Jaya Guntur. Tes swab itu dilaksanakan dengan dukungan dari BBTKLPP Kemenkes.

"KPK bekerja sama dengan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dalam menjalankan tes swab ini. BBTKLPP Kemenkes juga merupakan pihak yang melakukan tes swab kepada seluruh pegawai KPK," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)