Keputusan Erick Thohir Relokasi Depo Pertamina Plumpang Dinilai Pro Rakyat

Rabu, 08 Maret 2023 - 18:30 WIB
loading...
Keputusan Erick Thohir Relokasi Depo Pertamina Plumpang Dinilai Pro Rakyat
Menteri BUMN Erick Thohir pastikan akan merelokasi Depo Pertamina Plumpang ke lahan milik Pelindo. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir pastikan akan merelokasi Depo Pertamina Plumpang ke lahan milik Pelindo. Relokasi tersebut akan dilakukan pada 2024 mendatang.

Politisi Demokrat Ardi Wirdamulia menilai bahwa langkah Erick Thohir merelokasi Depo Plumpang sebagai kebijakan yang mengutamakan kepentingan rakyat.

"Saya kira langkah ini patut dipuji. Yang direlokasi adalah depo-depo yang berada 50 meter dari pagar pembatas,” ujar Ardi, Rabu (8/3/2023).

Baca juga : Erick Thohir Copot Direktur Pertamina Usai Kebakaran Depo Plumpang

Dia mengatakan bahwa Erick Thohir sudah mengambil keputusan sangat tepat. Menurut dia relokasi tersebut merupakan sebuah tindakan yang begitu dapat menjaga keselamatan masyarakat.

Nantinya, lanjut dia, lahan bekas bangunan Depo Pertamina tersebut akan dijadikan buffer zone. Sehingga dengan begitu akan membuat keamanan warga menjadi lebih terjaga.

“Ini akan jadi buffer zone. Solusi yang sangat pro rakyat," jelas Ardi.

Baca juga : Erick Perintahkan Bangun Zona Aman di Depo Pertamina Plumpang: 50 Meter dari Pagar

Buffer zone merupakan zona penyangga. Suatu Kawasan atau wilayah yang merupakan bagian dari ruang terbuka hijau, fungsi utamanya yakni sebagai daerah penyangga.

Berdasarkan aturan resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, buffer zone menjadi hal yang wajib ada di setiap depot Bahan Bakar Minyak (BBM). Lantaran area berbahaya yang terdapat zat-zat mudah terbakar.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)