Rafael Alun Diduga Miliki Uang Rp500 Miliar di Rekening yang Diblokir PPATK

Rabu, 08 Maret 2023 - 05:50 WIB
loading...
Rafael Alun Diduga Miliki Uang Rp500 Miliar di Rekening yang Diblokir PPATK
PPATK menduga jumlah uang milik Rafael Alun Trisambodo dalam rekening yang telah diblokir mencapai Rp500 miliar. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan ada lebih dari 40 rekening yang berkaitan dengan Rafael Alun Trisambodo (RAT). Total uang direkening yang diblokir mencapai Rp500 miliar.

Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana mengatakan, pihaknya telah melakukan pemblokiran atau pembekuan terhadap lebih dari 40 rekening yang berkaitan Rafael Alun Trisambodo. "Total dana dalam rekening yang diblokir itu mencapai Rp500 miliar," kata Ivan pada Rabu (8/3/2023).

Ivan menduga seluruh dana tersebut berkaitan dengan Rafael Alun dan pihak-pihak terkait. "Mutasi rekening 2019-2023 itu ada Rp500 miliar," ucapnya.


Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membongkar pola penyembunyian hingga penyamaran aliran uang mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo .

KPK menyebut Rafael Alun punya ilmu silat yang tinggi dalam menyamarkan aliran uang. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menjelaskan ada tiga pola yang disinyalir diterapkan Rafael Alun dalam menyembunyikan harta kekayaannya hingga menyamarkan uang yang diterimanya.

Pertama, Rafael diduga menyembunyikan asetnya dengan menggunakan nama ibunya. Kedua, ada pihak profesional yang diduga sebagai perantara penerimaan uang untuk Rafael Alun.

Pihak profesional tersebut diduga berprofesi sebagai konsultan pajak. Konsultan pajak itu diduga mengatur dan mengelola penerimaan uang untuk Rafael.

Ketiga, Rafael diduga menerima aliran uang lewat perusahaan. Rafael dan keluarganya tercatat memiliki saham di enam perusahaan. Diduga, perusahaan itu dijadikan tempat untuk menampung uang.

Temuan ketidakwajaran harta Rafael Alun Trisambodo buntut dari kasus anaknya, Mario Dandy Satriyo. Mario Dandy merupakan pelaku penganiayaan terhadap D, anak Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jonathan Latumahina. Mario telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penganiayaan tersebut.

Kasus tersebut kemudian viral dan berbuntut panjang. Ayah Mario Dandy, Rafael Alun ikut terseret. Gaya hidup glamour Mario Dandy menjadikan pertanyaan terhadap sosok sang ayah. Setelah ditelusuri, Rafael Alun ternyata memiliki harta kekayaan yang fantastis yakni sebesar Rp56 miliar.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)