WNI Enggan Pulang ke Tanah Air, Wapres Bilang Begini

Selasa, 07 Maret 2023 - 13:05 WIB
loading...
WNI Enggan Pulang ke Tanah Air, Wapres Bilang Begini
Wapres Maruf Amin saat melakukan Dialog Kebangsaan di Peacock Western, Hotel Imperial, Osaka, Jepang, Senin (6/3/2023) malam. Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan tidak masalah Warga Negara Indonesia (WNI) enggan pulang ke Tanah Air. Terpenting, WNI yang berada di negeri tetap berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

"Mungkin andaikata pun tidak pulang tidak masalah tapi kontribusinya, (asalkan) pemikiran-pemikirannya bisa diberikan," kata Wapres saat melakukan Dialog Kebangsaan di Peacock Western, Hotel Imperial, Osaka, Jepang, Senin (6/3/2023) malam.

Ma'ruf Amin menyebut salah satu nama anak bangsa yang saat ini tengah berada di luar negeri namun berkontribusi bagi Indonesia yaitu Ainun Najib. Nama Ainun Najib sempat ramai setelah dipuji oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Ainun Najib merupakan pemuda Nahdlatul Ulama (NU) yang berkiprah secara global.

Ainun Najib saat ini bekerja di Singapura, namun tetap berkontribusi bagi Indonesia. Dia dikenal sebagai inisiator Kawal Pemilu dan Kawal Covid-19. Inisiatif ini diluncurkan Ainun Najib atas keprihatinannya terhadap kesimpangsiuran informasi yang beredar di masyarakat.



"Ada beberapa, misalnya salah satu yang sering dilaporkan itu Ainun Najib, ahli IT dia tidak berada di Indonesia di luar negeri tapi pikiran-pikirannya terus, maka dia mendesain KawalPemilu, itu hingga dia di luar negeri tapi pikirannya disampaikan," kata Wapres.

Meski demikian, Wapres tetap berharap agar para pelajar Indonesia yang berkesempatan menempuh pendidikan di luar negeri dapat kembali ke Tanah Air untuk mengamalkan ilmu yang didapat dalam membangun Indonesia.

"Pemerintah mengharap kalau bisa itu ya tentu pemerintah berharap kalau sudah selesai (belajar) pulang ke Indonesia untuk mengabdi, tapi memang ya Indonesia belum bisa memberikan imbalan yang memadai."

Wapres pun menyampaikan harapannya. "Mungkin itu juga. Saya kira persatuan pelajar di Jepang bisa melihat mana tenaga-tenaga yang ada di Jepang yang bisa disumbang ke pemerintah untuk kemajuan bangsa ini," tandas Wapres.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3268 seconds (0.1#10.140)