Pesan Wapres ke Diaspora Indonesia di Jepang: Jaga Ikatan Kebangsaan

Selasa, 07 Maret 2023 - 03:50 WIB
loading...
Pesan Wapres ke Diaspora Indonesia di Jepang: Jaga Ikatan Kebangsaan
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menggelar Dialog Kebangsaan dengan para diaspora Indonesia di Jepang yang berlangsung di Hotel Imperial Osaka, Jepang, Senin (6/3/2023) malam. Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berpesan kepada para Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri khususnya di Jepang agar terus menjaga ikatan kebangsaannya. Hal itu dikatakan Wapres saat menggelar Dialog Kebangsaan dengan para diaspora Indonesia di Jepang yang berlangsung di Hotel Imperial Osaka, Jepang, Senin (6/3/2023) malam.

“Dialog kebangsaan ini menjadi salah satu ikhtiar kita untuk merawat ikatan kebangsaan di mana pun kita berada,” kata Wapres.

Dia juga mengingatkan bahwa kemajemukan Indonesia dengan keragaman suku, agama, serta adat istiadatnya harus dimaknai sebagai rahmat dan kekuatan untuk bersatu membangun negeri. “Allah menciptakan manusia dalam keragaman suku dan bangsa untuk saling mengenal, bukan untuk saling berkonflik,” ujarnya.



Namun demikian, kata dia, meskipun termaktub dalam sila-sila dasar negara Pancasila yang merupakan sebuah kesepakatan besar dari para pendiri bangsa, kemajemukan Indonesia sejauh ini masih kerap mendapatkan berbagai gangguan. “Kemajemukan bangsa Indonesia kerap diuji oleh riak-riak yang timbul akibat ulah segelintir kelompok yang menyebarkan paham-paham yang merusak bangsa,” ujarnya.

Termasuk juga, lanjut dia, munculnya paham-paham keagamaan yang ekstrem dari tingkat yang rendah hingga tingkat berbasis kekerasan, yang semakin mudah menyebar di tengah masyarakat akibat perkembangan teknologi informasi. “Umat yang awam ilmu agama, akan mudah terpengaruh oleh ajakan-ajakan yang mengarah pada gerakan ekstrem, bahkan kepada gerakan radikal terorisme,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, meskipun pada dasarnya bangsa Indonesia telah terikat dengan identitas kolektif kebangsaan yang ditetapkan bersama oleh para founding fathers, Wapres meminta setiap WNI di mana pun berada agar terus berupaya menjaga identitas kebangsaannya, sebagai bangsa yang majemuk.

“Tetap dibutuhkan upaya untuk memperkokoh identitas tersebut sehingga tidak luntur digerus perubahan dan tantangan zaman,” ucapnya.

Wapres juga mengharapkan kontribusi gagasan dan kerja nyata dari seluruh WNI di luar negeri, khususnya di Jepang untuk membangun negeri. Menurutnya, kilasan sejarah mulai dari kemerdekaan Indonesia, pengisian kemerdekaan, sampai pada perwujudan Indonesia Emas 2045 menuntut bangunan pemikiran dan kerja nyata seluruh WNI yang ada di dalam maupun di luar negeri.

“Saya juga meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia di Jepang untuk terus menjaga harmoni dan kerukunan. Sesama saudara sebangsa mesti saling menjaga, saling membantu, khususnya saat terjadi kesulitan, dan jangan segan menghubungi Pemerintah RI di Jepang melalui KBRI di Tokyo dan KJRI di Osaka untuk perlindungan bagi WNI yang membutuhkan,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)