Survei, Kinerja Polri dan Airlangga Dinilai Berhasil Jaga Kondusifitas Selama Pandemi

Senin, 06 Maret 2023 - 22:28 WIB
loading...
A A A
Di sisi lain, jika pileg digelar hari ini maka pilihan tertinggi responden jatuh pada Partai Golkar yakni sebanyak 20,4 persen. Disusul PDIP 17,8 persen, Gerindra 14,7 persen, Demokrat 7,6 persen, PKS 6,7 persen, Nasdem 6,3 persen, PKB 5,1 persen, Perindo 4,2 persen, PPP 3,2 persen, PAN 2,1 persen, parpol lainnya tingkat keterpilihannya jika digabung hanya 3,8 persen dan yang tidak memilih 8,1 persen.

Pengamat politik yang juga dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Untirta M Dian Hikmawan menilai, survei PSI terkait kinerja Polri ini sebagai bukti bahwa masyarakat melihat kinerja Polri sebagai institusi yang berhasil dalam membantu pemerintah menangani Covid-19.

Selain itu kata Dian, selama Pemerintahan Jokowi, Polri telah bekerja dengan baik dalam Mengatasi keamanan dan persoalan hukum di Indonesia. Hal itu terbukti banyak persoalan yang telah diselesaikan oleh Polri dalam penegakan hukum di masyarakat.

"Dibongkarnya kasus Ferdy Sambo terhadap Brigadir J, ini jadi nilai positif bagi polri, dan masyarakat melihat adanya kinerja yang baik serta keadilan dalam hukum.

Menurut dia, survei PSI juga menunjukkan bahwa Polri telah melakukan kinerjanya yang sangat baik dalam penegakan hukum lainnya tanpa pandang bulu.

Menanggapi tingginya elektabilitas Airlangga, Dian Hikmawan menilai, hasil survei PSI itu sebagai bukti bahwa Ketum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian itu telah berhasil dalam memperkuat perekonomian saat Covid-19 melanda Indonesia.

"Airlangga Hartarto unggul di hasil survei PSI, karena masyarakat ingin Ketum Golkar itu menjadi Presiden 2024," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan elektabilitas Airlangga terus naik karena bukti kinerja nyata memulihkan perekonomian dalam membantu Presiden Jokowi.

Dalam penelitian ini penarikan sample dilakukan melalui metode multistage random sampling dengan melibatkan 1.888 responden yang tersebar di 440 kabupaten/kota di Indonesia. Survei digelar pada 21 Februari-3 Maret 2023.

Kriteria responden, yakni warga berumur 17 tahun atau sudah menikah. Sementara margin of error survei ini kurang lebih 2,26 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2317 seconds (0.1#10.140)