Cegah Kebakaran Terulang, Wapres Minta Depo Pertamina Plumpang Dipindah ke Pelabuhan

Sabtu, 04 Maret 2023 - 15:57 WIB
loading...
Cegah Kebakaran Terulang, Wapres Minta Depo Pertamina Plumpang Dipindah ke Pelabuhan
Wapres KH Maruf Amin meminta Depo Pertamina Plumpang dipindah ke pelabuhan guna mencegah kebakaran kembali terulang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) K.H Ma'ruf Amin meminta Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara dipindahkan ke pelabuhan yang dimiliki Pelindo. Hal itu untuk mencegah terulangnya peristiwa kebakaran.

"Nanti yang menjadi masalah selanjutnya mengenai penataan di daerah ini. Saya berharap supaya Depo ini supaya lebih aman itu bisa direlokasi di Pelabuhan di daerah Pelindo. Saya kira begitu," ujarnya seusai meninjau posko pengungsian warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil berdekatan dengan Pos Koramil Koja, Sabtu (4/3/2023).

Selain itu, kata Wapres, Kampung Tanah Merah nantinya ditata lebih baik agar warganya dapat hidup lebih layak. "Dan kemudian daerah ini akan ditata ulang, supaya lebih teratur lebih baik, dan aman dan memenuhi persyaratan sebagai suatu daerah yang berada di wilayah ibu kota itu saya kira barangkali yang sementara kami dapat sampaikan," ucapnya.



Terkait keamanan lokasi Depo Pertamina lainnya yang berdekatan dengan permukiman warga, Wapres kemudian meminta Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan lebih lanjut. "Keamanan depo lain ya saya kira hal-hal yang bisa menimbulkan dampak seperti ini tentu akan kita evaluasi, tapi lebih lanjut Pak Erick yang akan menjelaskan," katanya.



Berdasarkan data dari pengurus RW01 dan RW 09 Kelurahan Rawa Badak Selatan menyebutkan data sementara 19 orang meninggal dunia. Kurang lebih 50 orang mengalami luka bakar hingga ringan, dan yang mengungsi berkisar 500-600 orang. Dua jenazah yang merupakan ibu dan anak berpelukan juga diketahui berhasil dievakuasi oleh petugas SAR, PMI, relawan pada Sabtu (4/3/2023) pagi.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2719 seconds (0.1#10.140)