Polemik Pergantian Wakil Ketua MPR, PKS Usulkan Segera Gelar Rapat Gabungan

Jum'at, 03 Maret 2023 - 15:10 WIB
loading...
Polemik Pergantian Wakil Ketua MPR, PKS Usulkan Segera Gelar Rapat Gabungan
Ketua Fraksi PKS MPR RI, Tifatul Sembiring mengatakan perlunya MPR menyelenggarakan rapat gabungan untuk menyelesaikan polemik pergantian Wakil Ketua MPR dari kelompok DPD. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) MPR RI, Tifatul Sembiring mengatakan perlunya MPR menyelenggarakan rapat gabungan untuk menyelesaikan polemik pergantian Wakil Ketua MPR dari kelompok DPD RI, Fadel Muhammad dengan Tamsil Linrung.

Dikatakan Tifatul, DPD melalui Sidang Paripurna telah mengganti Fadel dengan Tamsil. Namun dalam prosesnya Fadel tidak bisa menerima putusan ini dan melakukan proses hukum.



Tifatul setuju jika persoalan pergantian Wakil Ketua MPR ini diselesaikan secepatnya melalui rapat gabungan. Pimpinan MPR bisa mengundang elemen kelompok DPD dan pimpinan fraksi di MPR.

“Dalam hal ini yang mengundang Ketua MPR. Tapi bisa juga diusulkan Pimpinan MPR yang lain. Bisa juga fraksi-fraksi yang mengusulkan. Akan lebih cepat kalau yang mengusulkan Ketua MPR,” ujar mantan Menteri Komunikasi dan Informasi ini dalam keterangannya, Jumat (3/3/2023).

Diingatkannya, jika menunggu proses hukum maka terlalu lama dan tidak akan selesai. “Sekarang ini kan (masa jabatan Wakil Ketua MPR, Red) tidak sampai setahun lagi. Sudah habis masa jabatan pada 2024,” jelasnya.

Ketua Fraksi PAN MPR RI John Erizal mengatakan persoalan ini akan dibicarakan dengan pimpinan-pimpinan fraksi di MPR. “Kita akan bicarakan lebih dulu dengan teman-teman, sebenarnya aturan yang berlaku itu seperti apa, lalu kebijakan-kebijakan politik seperti apa yang akan kita ambil,” ujar John.

Sepanjang pergantian Fadel dengan Tamsil dilakukan sesuai dengan aturan, kata John, Fraksi PAN MPR akan mendukung. “Pola di internal kita seperti itu,” ucapnya.

Masalah ini, lanjutnya, akan dirapatkan di rapat gabungan. “Pandangan masing-masing fraksi nanti seperti apa, proses penggantian seperti apa yang dijalankan,” papar John.

Sementara, Anggota Badan Pengkajian MPR Syaifullah Tamliha mengatakan menyerahkan masalah itu kepada Pimpinan MPR. Menurutnya, Pimpinan MPR agar melakukan rapat gabungan yang diikuti oleh pimpinan-pimpinan fraksi, pimpinan-pimpinan alat kelengkapan MPR.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)