Bandara Kertajati Digunakan untuk Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji

Rabu, 01 Maret 2023 - 21:58 WIB
loading...
Bandara Kertajati Digunakan untuk Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji
Otoritas Arab Saudi telah menyetujui Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji pada musim haji 1444 H/2023. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bandara Kertajati , Majalengka, Jawa Barat akan digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji pada musim haji 1444 H/2023. Pemanfaatkan Bandara Kertajati talah mendapat persetujuan dari General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi.

"Alhamdulillah, setelah melalui proses komunikasi intensif, Bandara Kertajati dipastikan bisa digunakan mulai tahun ini untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam dalam keterangan tertulis Kementerian Agama (Kemenag), Rabu (1/3/2023).

Nasrullah mengatakan, dirinya telah menerima surat elektronik dari GACA Arab Saudi. Otoritas penerbangan Saudi itu telah memberikan konfirmasi tentang persetujuan penggunaan Bandara Kertajati. Surat GACA juga ditembuskan kepada Kementerian Haji dan Umrah Saudi per 1 Maret 2023.

Baca juga: Rampung Diperbarui, Cek Kembali Estimasi Keberangkatan Haji di Sini

Nantinya, bandara baru ini akan mengoperasikan sekitar 21-23 penerbangan. "GACA mengizinkan kurang lebih 7.000 sampai 8.000 jemaah haji berangkat dari dan pulang melalui Bandara Kertajati pada musim haji 1444 H/2023 M. Mereka akan terbagi dalam 21 sampai 23 penerbangan," kata Nasrullah.

Ia menjelaskan, Bandara Kertajati akan digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan sebagian jemaah haji asal Jawa Barat. Kuota jemaah haji Provinsi Jawa Barat berjumlah 38.723 orang. Dari jumlah itu, sekitar 7.000-8.000 di antaranya, memungkinkan untuk berangkat melalui Bandara Kertajati pada musim haji tahun ini.

"Kami akan koordinasikan dengan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah terkait penggunaan Bandara Kertajati, termasuk penentuan jemaah asal Kabupatan/Kota mana yang akan menggunakannya," kata Nasrullah.

"Termasuk akan dikoordinasikan juga rencana memasukkan Bandara Kertajati dalam lelang penyediaan penerbangan jemaah haji 2023," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)