Kemlu Ungkap Peran Penting PR Dukung Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023

Sabtu, 25 Februari 2023 - 12:42 WIB
loading...
Kemlu Ungkap Peran Penting PR Dukung Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023
Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah saat menjadi Keynote Speaker dalam acara Indonesia Public Relation Awards (IPRA) 2023, di Thamrin Nine Ballroom, UOB Plaza, Jakarta Pusat, Jumat 24 Februari 2023. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kekuatan public relation (PR) dengan international branding yang dilakukan pemerintah Indonesia, melalui kerja diplomasi dinilai punya peran penting. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang diwakili Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah.

Faizasyah mengatakan, strategi public relation dalam mengupayakan pencapaian berbagai misi di bidang branding politik luar negeri berperan penting dalam mendukung Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

Pandangan ini disampaikan Faizasyah saat menjadi Keynote Speaker dalam acara Indonesia Public Relation Awards (IPRA) 2023, di Thamrin Nine Ballroom, UOB Plaza, Jakarta Pusat, Jumat 24 Februari 2023.

"Melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (IDP) Kemlu, yang saat ini kami pimpin, satu sasaran strategis yang kami ditetapkan adalah bagaimana kita membangun citra positif Indonesia di dunia internasional, yang meningkat dari waktu ke waktu," kata Faizasyah dalam keterangannya, Sabtu (25/2/2023).

Baca juga: Keketuaan Indonesia di ASEAN dan Upaya Menjaga Stabilitas Asia Tenggara

Faizasyah lalu mengungkapkan, dalam membangun citra baik Indonesia di mata luar negeri, salah satu hal yang menjadi tantangan adalah kondisi internasional yang sangat dinamis.

"Itu sebabnya, kalau kita bicara membangun branding suatu negara, kita tentunya tidak bisa bekerja sendiri, kita perlu membangun kerjasama dengan berbagai konstituensi dalam negeri," ucapnya.

Ia menjelaskan, kerja sama dengan pihak di dalam negeri itu diwujudkan dengan memasyarakat atau kita memberikan pemahaman yang lebih baik dari posisi Indonesia di luar negeri kepada masyarakat di tanah air.

Faizasyah mencontohkan, ketika forum internasional membahas tema besar terkait isu penting, maka tugas pemerintah adalah menerjemahkannya ke dalam program di dalam negeri, guna memperkecil gap pemahaman atas perkembangan tren itu di luar negeri, dengan apa yang perlu diarusutamakan di tanah air.

"Maka dari itu, Kemlu menerapkan apa yang disebut media engagement. Kemlu adalah salah satu kementerian yang sejak puluhan tahun dekat dengan media, karena kami menilai penting kerja sama dengan media," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5166 seconds (0.1#10.140)