Soal Kursi Menpora, Pengamat Nilai Jokowi Akan Pertimbangkan Kriteria Ini

Kamis, 23 Februari 2023 - 20:56 WIB
loading...
Soal Kursi Menpora, Pengamat Nilai Jokowi Akan Pertimbangkan Kriteria Ini
Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno mengatakan kemungkinan besar posisi Menpora oleh sosok yang memiliki kriteria yang sesuai dengan selera Presiden Jokowi. Foto/Setneg
A A A
JAKARTA - Sinyal reshuffle kabinet semakin menguat seiring kabar mundurnya Zainudin Amali dari posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) karena ingin fokus sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Zainudin juga menegaskan telah mendapatkan izin Presiden Jokowi untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola.

Mengomentari hal tersebut, Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno mengatakan kemungkinan besar posisi Menpora akan kembali diisi oleh kader Partai Golkar. Menurutnya, Golkar memiliki banyak kader muda yang potensial untuk menggantikan Zainudin Amali di kursi Menpora.

"Saya kira Golkar banyak stok kader-kader muda yang layak dan punya kompetensi," ujar Adi saat dihubungi, Kamis (23/2/2023).



Diketahui, beberapa nama kader-kader muda Golkar yang dianggap layak dan berpotensi menggantikan Menpora Zainudin Amali mulai mencuat ke publik. Beberapa nama yang beredar di media adalah Ilham Permana, Ace Hasan Syadzily, Putri Komaruddin, dan Dito Ariotedjo

Menurut Adi, dari sekian banyak nama yang muncul tersebut tentunya harus memiliki kriteria yang sesuai dengan selera Presiden Jokowi. Ia haruslah orang yang dinilai memiliki kontribusi terhadap Pemerintahan Jokowi dan terutama pernah ikut berjuang di Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Makruf di 2019 silam.

Dalam konteks ini, Ace Hasan Syadzily menurutnya sosok yang paling layak untuk menduduki kursi Menpora. "Memang banyak kader muda Golkar. Namanya mulai muncul di media. Tadi di antara nama-nama itu, Ace lebih mendekati kriteria ideal. Terutama berkontribusi atas pemenangan Jokowi. Pilpres 2019 lalu Ace terlihat sibuk menangkal serangan ke Jokowi," tuturnya.

Pengamat politik yang juga dosen dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu memberi alasan mengapa Ace Hasan layak menjadi Menpora.

"Kriteria utama tentu pasti dari Golkar. Menteri pengganti ZA pastinya orang yang punya kontribusi penting atas pemenangan Jokowi," paparnya.

Selain mantan Jubir TKN Jokowi, Ace adalah sosok politikus muda yang kini duduk di pimpinan Komisi VIII. Kehadiran Ace tentunya akan memberikan warna positif bagi kemajuan kepemudaan dan keolahragaan di Tanah Air.

"Muda, doktor, berpengalaman, rekam jejaknya mentereng sebagai politisi, intelektual muslim moderat, tokoh NU, mantan presiden kampus, dan mantan Aktivis 98. Ace paket komplit," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)