Di Muktamar Pemuda Muhammadiyah, Jokowi Sebut IKN Bukan Gagasannya

Rabu, 22 Februari 2023 - 14:25 WIB
loading...
Di Muktamar Pemuda Muhammadiyah, Jokowi Sebut IKN Bukan Gagasannya
Presiden Jokowi meyakini Indonesia berpotensi menjadi negara besar karena punya DKI Jakarta dan Ibu Kota Negara Nusantara. Foto/Youtube Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) percaya Indonesia bisa menjadi negara besar seperti Amerika Serikat. Salah satunya karena Indonesia punya dua kota besar, yaitu DKI Jakarta dan ibu kota Nusantara.

"Indonesia ini negara besar, negara besar. Jadi kalo Amerika memiliki New York dan Washington DC, Australia memiliki Melbourne dan Sydney, kenapa Indonesia tidak memiliki Jakarta dan memiliki Nusantara. Tetapi alasan pokoknya adalah pemerataan," kata Jokowi dalam sambutan Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/2/2023).

Jokowi mengungkapkan Pulau Jawa memiliki pendapatan domestik bruto (PDB) ekonomi sebsar 58 persen, paling tinggi di antara pulau lainnya. Padahal, Indonesia memiliki 17 ribu pulau. "Terus yang 16.999 pulau itu diberi bagian berapa persen? semuanya ada di Jawa. 58 persen. Dan 56 persen penduduk indonesia itu ada di jawa, betapa sangat padatnya pulau Jawa," kata Jokowi.



Maka dari itu, kata Jokowi, perlunya pemerataan ekonomi dengan membangun IKN. Jokowi mengaku tidak ingin ada jawasentris tapi harus indonesiasentris.

"Dan yang perlu saya ingatkan bahwa kita pindah ke IKN Nusantara ini juga bukan gagasan saya, ndak. Ini sudah sejak Bung Karno. Tahun 60 Bung Karno sudah akan memindahkan ibu kota Jakarta itu ke Kalimantan, yaitu di Palangkaraya," jelasnya.

Dengan dibangunnya IKN, Jokowi berharap bukan terjadi perpindahan fisik, seperti pegawai dan gedung pemerintaan. Lebih dari itu, dia ingin memindahkan budaya, pola pikir kerja baru ke IKN. Sistem dan sumber daya manusia (SDM) pun telah dipersiapkan sejak awal.

"Kita harapkan ibu kota baru ini betul-betul sebuah ibu kota, yang negara lain tidak memiliki. Memang ini bukan pekerjaan yang hanya setahun dua tahun. Ini mungkin akan selesai insyaallah 15-20 tahun. Tapi kita harus berani memulainya," kata Jokowi.



Agenda Besar Pemuda
Selain soal IKN, dalam sambutanya Jokowi berharap Muktamar Pemuda Muhammadiyah menghasilkan agenda besar, khususnya untuk pemuda. "Saya betul-betul menaruh harapan besar pada Muktamar ke XVIII Pemuda Muhammadiyah ini untuk menghasilkan agenda besar dan langkah-langkah besar," kata Jokowi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)