Deretan Kasum TNI dari Angkatan Udara, Nomor 1 dan 6 Mantan KSAU

Selasa, 21 Februari 2023 - 05:51 WIB
loading...
Deretan Kasum TNI dari Angkatan Udara, Nomor 1 dan 6 Mantan KSAU
Marsekal TNI Oetomo dan Marsekal TNI Agus Supriatna, dua mantan Kasum TNI yang berhasil menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI merupakan salah satu jabatan strategis. Jabatan ini biasanya diduduki oleh Perwira Tinggi (Pati) bintang tiga. Saat ini, Kasum TNI dijabat oleh Letjen TNI Bambang Ismawan.

Dikutip dari website setkab.go.id, susunan jabatan dan kepangkatan Pati di lingkungan TNI tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 14 Juli 2016.

Dalam struktur tersebut, jabatan Kasum TNI berada langsung di bawah Panglima TNI. Jabatan ini kedudukannya setara dengan Inspektorat Jenderal (Irjen) TNI. Kasum TNI menjalankan fungsi sebagai pimpinan staf di lingkungan Markas Besar TNI.



Hingga kini, tercatat ada 31 Pati TNI dari tiga matra baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) yang menduduki jabatan strategis tersebut. Dari jumlah tersebut 7 di antaranya berasal dari TNI AU.

Berikut ini Kasum TNI yang berasal dari Angkatan Udara:

1. Marsekal TNI (Purn) Oetomo

Pria kelahiran Malang, Jawa Timur, 15 April 1935 ini merupakan Kasum TNI pertama yang berasal dari TNI AU. Mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Spanyol ini menjabat Kasum TNI selama dua tahun terhitung sejak 1984-1986.

Selama mengabdi di militer, Oetomo juga pernah menduduki sejumlah jabatan di antaranya, Deputi KSAU hingga menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ke-9.

2. Marsekal Madya TNI (Purn) Martoyo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)