Bawaslu Susun Rancangan Peraturan Investigasi Pelanggaran Pemilu

Jum'at, 17 Februari 2023 - 06:59 WIB
loading...
Bawaslu Susun Rancangan Peraturan Investigasi Pelanggaran Pemilu
Bawaslu menerapkan konsep investigasi penanganan pelanggaran pemilu dalam perbawaslu yang sedang disusun. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) akan menerapkan konsep investigasi dalam menangani pelanggaran Pemilu 2024. Saat ini Bawaslu sedang menyusun rancangan Peraturan (Perbawaslu) tentang investigasi Penanganan Pelanggaran Pemilu.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Puadi berharap perbawaslu tersebut membuat Bawaslu bisa lebih proaktif melakukan investigasi untuk membuktikan sebuah peristiwa dugaan pelanggaran pemilu.

“Bawaslu didukung dengan sarana prasanana, dan anggaran dalam pelaksanaan tugasnya diharapkan mampu untuk lebih aktif melalui investigasi ini. Tidak hanya berharap bukti atau informasi dari pelapor untuk membuktikan sebuah peristiwa dugaan pelanggaran pemilu,” kata dia dalam keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Jumat, (17/2/2023).



Menurut Puadi, investigasi merupakan sebuah tugas dan kewenangan yang strategis bagi Bawaslu beserta jajarannya. Ini juga penting dalam rangka menangani pelanggaran pemilu. “Kewenangan ini perlu dimaksimalkan dalam rangka mendukung tugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu tahun 2024,” ungkapnya.

Puadi menjelaskan, apa yang dilakukan Bawaslu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Di dalamnya telah diatur dua tugas utama Bawaslu sebagai lembaga yang mengawasi penyelenggaraan pemilu, yang salah satunya ialah melakukan penindakan pelanggaran pemilu.

“Dijelaskan pula dalam melakukan penanganan pelanggaran pemilu, Pengawas pemilu melakukan investigasi dugaan pelanggaran pemilu,” jelasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)