Batal Diumumkan, Panja DPR Pastikan Biaya Haji 2023 di Bawah Rp50 Juta

Selasa, 14 Februari 2023 - 19:38 WIB
loading...
Batal Diumumkan, Panja DPR Pastikan Biaya Haji 2023 di Bawah Rp50 Juta
Panja BPIH Komisi VIII DPR memastikan biaya haji 2023 di bawah Rp50 juta setiap jamaah. Foto/SINDOnews/kiswondari
A A A
JAKARTA - Panitia Kerja (Panja) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Komisi VIII DPR bersama dengan Menteri Agama (Menag) batal mengumumkan BPIH 2023. Meski demikian, Komisi VIII memastikan biaya yang akan ditanggung jamaah di bawah Rp50 juta.

Anggota Panja BPIH Komisi VIII DPR Yandri Susanto mengatakan, biaya yang akan ditanggung jamaah dipastikan di bawah Rp50 juta. Jumlah ini turun dari usulan Kemenag sebelumnya yakni Rp69 juta. “(Belum ada keputusan BPIH) Tapi pasti di bawah angka Rp 50 juta,” kata Yandri di sela-sela rapat di Komisi VIII DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023) malam.

Yandri menuturkan, malam ini akan menjadi malam puncak dari segala pembahasan. Dan angka yang akan diputuskan panja ini akan jauh dari Rp69 juta. Meskipun ini baru keputusan di tingkat panja, tapi malam ini sudah ada titik temu Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag dan Panja Komisi VIII, karena sejumlah komponen haji telah ditekan angkanya.



“Penerbangan kita turunkan lumayan banyak, pemondokan, biaya hotel, katering turun, biaya-biaya lain kita sisir semua. Insyaaallah putusan panja bersama pemerintah bisa diterima oleh publik dan calon jamaah,” bebernya.

Sehingga, kata politikus PAN ini, dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR dengan Menteri Agama (Menag) pada Rabu 15 Februari 2023 besok, tinggal mendapatkan laporan dari panja sehingga malam ini panja sudah memutuskan angka-angkanya. “Nanti diketok sebagai keputusan pemerintah dan DPR,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)