Cerita Amien Rais Tinggal Satu Apartemen dengan Din Syamsuddin di Amerika Serikat

Selasa, 14 Februari 2023 - 10:48 WIB
loading...
Cerita Amien Rais Tinggal Satu Apartemen dengan Din Syamsuddin di Amerika Serikat
Wakil Ketua Majelis Syura Partai Ummat MS Kaban, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, dan Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais. Foto/Dok Partai Ummat
A A A
JAKARTA - Dua mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Amien Rais dan Din Syamsuddin ternyata pernah tinggal satu apartemen di Amerika Serikat. Hal itu diungkap keduanya saat menjadi pembicara dalam Diskusi Panel Konsolidasi Ummat Menuju Pemilu 2024, Senin (13/2/2023) malam.

Dalam tayangan video di YouTube Amien Rais Official, Amien Rais duduk berdampingan dengan Din. Saat memberikan pengantar, Amien mengungkap pernah tinggal satu apartemen dengan Din di Amerika Serikat.

"Tadi Pak Din sudah mengatakan jam 3 malam (Selasa, 14 Februari 2023 dini hari) sudah mau ke California. Saya jadi ingat pernah satu apartemen dengan Pak Din. Itu yang nggak banyak diketahui orang," kata Amien.

Dalam diskusi yang dipandu Wakil Ketua Majelis Syura Partai Ummat MS Kaban tersebut, Amien menceritakan kala itu dirinya belajar di Chicago. Sementara, Din belajar di UCLA (University of California, Los Angeles).

Din dalam kesempatan yang sama pun menjelaskan, Amien Rais datang ke Los Angeles untuk menempuh studi post doctoral. Dalam Buku Profil Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Pemilu 2004 yang diterbitkan Lembaga Informasi Nasional dengan Komisi Pemilihan Umum disebutkan Amien menempuh studi post doctoral di George Washington University dan UCLA pada 1988-1989.

Sementara, Din meraih gelar MA dan Ph.D di di UCLA. "Kebetulan promotor waktu Beliau menulis disertasi di Chicago pindah ke UCLA, menjadi promotor saya," kata Din.

Singkat cerita, pria kelahiran Pulau Sumbawa, 31 Agustus 1958 tersebut menawari Amien untuk tinggal di apartemennya. "Apartemennya one bedroom. Pak Amien silakan tidur di dalam, maka selama dua tiga bulan saya tidur di sofa," ujar Din disambut tawa hadirin.

Meski demikian, Din mengaku nyaman dengan apa yang terjadi selama hampir tiga bulan satu apartemen dengan Amien. "Yang menyamankan didengar, tiap hari, tiap pagi Beliau baca Al-Qur'an," kenang Din.

Amien dan Din tercatat dalam sejarah sama-sama pernah menjadi orang nomor satu di Muhammadiyah, organisasi Islam yang didirikan KH Ahmad Dahlan pada 1912. Amien memimpin PP Muhammadiyah selama tiga tahun, yakni 1995-1998. Sementara, Din memimpin PP Muhammadyah selama 10 tahun, yakni pada 2005-2015.

"Beliau memimpin Muhammadiyah sepuluh tahun, saya cuma tiga tahun. Jadi lebih ampuh Beliau daripada saya," kata Amien.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)