Pengamat: Ada Peluang Menang jika KIB-KKIR Bersatu Sandingkan Airlangga-Prabowo

Senin, 13 Februari 2023 - 13:04 WIB
loading...
A A A
"Jika koalisi besar ini terwujud, Airlangga Hartarto bisa terpilih jadi capres terkuat, karena proses kalkulasi politik di Koalisi Indonesia Bersatu lebih mengarah ke Airlangga Hartarto," jelasnya.

"Duet Airlangga-Prabowo atau Prabowo-Airlangga memiliki peluang menang karena didukung oleh kekuatan partai politik besarnya seperti Gerindra dan Golkar. Terlebih keduanya punya background politik di pemerintahan," tutur Ikhwan.

Dia menilai, kedua nominasi bakal capres dan cawapres tersebut akan mudah memperoleh restu dari Presiden Jokowi, sehingga mampu untuk melanjutkan program kerja pemerintah.

"Dengan dukungan koalisi partai besutan pemerintah peluang menang pilpres akan semakin besar karena pemilih di kantong suaranya Pak Jokowi akan pindah haluan ke bakal calon pilihan koalisi Indonesia bersatu dan Koalisi kebangkitan Indonesia Raya," tutupnya.

Sementara di sisi lain, di dalam KIB sudah ada tiga parpol yakni, Golkar, PAN, dan PPP. Sedangkan di KKIR selain PKB juga ada Partai Gerindra.

Koalisi lainnya yang sudah muncul adalah Koalisi Perubahan yang berisikan Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. Ketiga partai ini sudah sepakat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal Capres 2024.

Sedangkan PDIP sampai sekarang belum menentukan arah akan berkoalisi dengan siapa. Karena PDIP sendiri pun jika seandainya maju sendiri di Pilpres 2024, suaranya sudah cukup tanpa harus berkoalisi.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)