Ajak Golkar Merapat, Koalisi Perubahan Ingin Duet Anies-Airlangga?

Sabtu, 11 Februari 2023 - 07:11 WIB
loading...
Ajak Golkar Merapat, Koalisi Perubahan Ingin Duet Anies-Airlangga?
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) mengajak Partai Golkar bergabung dalam Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan Partai Nasdem. Ajakan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PKS Aboe Bakar Alhabsy lewat pantun saat menyambangi Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (7/2/2023).

Adapun Koalisi Perubahan mengusung Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024. Sementara itu, Golkar merupakan salah satu partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hingga saat ini, KIB belum membeberkan siapa yang bakal diusung sebagai capres dan cawapres untuk Pilpres 2024. Namun, internal Golkar menginginkan ketua umum mereka, Airlangga Hartarto untuk maju sebagai capres 2024.





Lalu, apakah ajakan PKS tersebut merupakan upaya untuk menduetkan Anies dengan Airlangga maju ke Pilpres 2024?

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Power Ikhwan Arif, safari politik Koalisi Perubahan merupakan bentuk untuk taring koalisi yang digagas Nasdem, Demokrat, dan PKS yang telah sepakat mengusung Anies Baswedan. “Tujuannya tidak lain untuk menaikkan harga tawar Koalisi Perubahan di hadapan koalisi lain,” kata Ikhwan Arif kepada SINDOnews, Sabtu (11/2/2023).

Dia melihat Koalisi Perubahan menyodorkan nama Anies kepada poros lain. “Ini bentuk tawaran politik yang berulang kali dilakukan poros perubahan terutama ke Partai Golkar,” tuturnya.



Dia berpendapat, Koalisi Perubahan lebih terbuka kepada Golkar karena KIB belum menentukan secara resmi siapa yang bakal diusung pada Pilpres 2024. “Apalagi sebelumnya Ketua Umum Golkar membuka pintu komunikasi politik dengan Partai Nasdem yang merupakan partai yang pertama sekali secara lantang mengusung Anies,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)