Jika KIB dan KKIR Bergabung, Pengamat: Airlangga dan Prabowo Layak Disandingkan

Jum'at, 10 Februari 2023 - 18:14 WIB
loading...
Jika KIB dan KKIR Bergabung, Pengamat: Airlangga dan Prabowo Layak Disandingkan
Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum DPP Gerindra, Prabowo Subianto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menuju Pilpres 2024, semua pergerakan partai politik (parpol) masih cukup cair. Begitu juga pembentukan koalisi yang saat ini sudah memunculkan tiga poros koalisi, yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), dan Koalisi Perubahan.

Di antara koalisi ini pun masih belum memberikan sikap secara pasti. Karenanya, tidak menutup kemungkinan antara koalisi ini bisa bergabung, seperti KIB bergabung dengan KKIR.

Pandangan ini disampaikan pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Emrus Sihombing. Menurutnya, bergabungnya KIB dan KKIR bisa saja terwujud. Sebab koalisi keduanya sangat cair dan mempunyai kesepakatan politik.

"Ini kan kerja sama politik, bisa saja terjadi. Peluang kedua koalisi ini bergabung terbuka lebar," kata Emrus, Jumat (10/2/2023).



Sebelumnya, Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai, dua koalisi yang terbentuk saat ini berpeluang untuk bersatu. Kedua koalisi yang dimaksud yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Oh sangat bagus (dua koalisi bergabung) semakin banyak barisan koalisi semakin efektif proses Pemilu, proses Pemilu semakin baik," kata Cak Imin di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (10/2/2023).

Menurut Cak Imin, terpenting saat ini adalah menyatukan visi dalam menatap Pemilu 2024. Pendekatan dengan sesama parpol diperlukan untuk mematangkan strategi.

"Jadi kita berharap, partai-partai mari kita samakan visi, tujuan dan target. Sehingga, kita betul-betul siap tidak mendadak dalam mengambil langkah-langkah strategis," ucapnya.

Cak Imin pun sudah bertemu dengan Airlangga Hartarto. Kegiatan itu diisi dengan jalan santai di Kawasan Istora Senayan, GBK, Jakarta. Airlangga menilai Golkar terbuka lebar untuk bekerja sama dengan PKB. Parpol di KIB juga sudah merestui.

"Kalau Partai Golkar kami sudah berbicara dengan ketua umum yang tergabung di KIB, seluruhnya menyambut positif. Jadi tangan terbuka, pertemuan terbuka, kantor terbuka. Ini menunjukkan kalau kita ini berpolitik secara terbuka," ucap Airlangga.

Sebelumnya, tiga poros koalisi sudah terbentuk, yakni KIB terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP. Sementara KKIR terdiri dari Gerindra dan PKB. Serta Koalisi Perubahan terdiri dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)