Pertemuan Airlangga-Prabowo Bisa Dimaknai Antar Kandidat Capres

Kamis, 22 September 2022 - 16:10 WIB
loading...
Pertemuan Airlangga-Prabowo Bisa Dimaknai Antar Kandidat Capres
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto , di Kantor Kemenko Perekonomian pada Senin, 20 September 2022.

Dilaporkan, keduanya membahas soal isu keamanan, geopolitik, serta ekonomi dunia. Meski demikian, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai, pe-rtemuan itu bisa dimaknai berbeda. Misalkan sebagai pertemuan antar calon presiden (capres).

"Kita tahu bahwa walaupun mereka menteri, pertemuan itu katakan bahas pertahanan tapi mereka itu juga sebagai capres dari 3 partai besar di Indonesia," kata Ujang, Kamis (22/9/2022).



Ia melanjutkan meskipun kedua partai yang dipimpin Prabowo maupun Airlangga belum bisa berkoalisi, Airlanga sudah di KIB, yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP, dan Prabowo dengan PKB, tapi setelah pilpres, mereka bisa saja bersatu.

"Di kita (punya sejarah), Golkar dukung Prabowo, Jokowi menang, Golkar ikut masuk ke pemerintahan Jokowi," lanjutnya.

Ujang berpendapat komunikasi memang harus dibangun, walupun nanti belum tentu berkoalisi. Karena paska pemilihan presiden, setelah diketahui pemenangnya, bisa jadi yang tadinya bersebrangan masuk ke koalisi pemerintahan seperti Prabowo yang berseberangan dengan Jokowi, tapi masuk ke pemerintahan.

"Jadi penting pertemuan antar capres itu, antara Prabowo dengan Airlangga," katanya.

Ia melihat antara Airlangga dan Prabowo sejauh ini kecil kemungkinan berkoalisi.

"KIB solid dengan KIB-nya, Prabowo dengan PKB juga solid. Apakah mereka bisa berkoalisi, kecil. Mereka akan jalan masing-masing, pasca pilpres bisa bertemu juga," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)