Silvanus Alvin Sarankan Parpol Gunakan Politainment Dekati Milenial dan Gen Z

Rabu, 08 Februari 2023 - 19:22 WIB
loading...
Silvanus Alvin Sarankan Parpol Gunakan Politainment Dekati Milenial dan Gen Z
Dosen dan Analisis Komunikasi Politik Silvanus Alvin mengatakan generasi milenial dan zilenial atau Gen Z akan menjadi mayoritas pemegang hak suara pada Pemilu 2024 mendatang. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Dosen dan Analisis Komunikasi Politik Silvanus Alvin mengatakan generasi milenial dan zilenial atau Gen Z akan menjadi mayoritas pemegang hak suara pada Pemilu 2024 mendatang. Karena itu, dia menyarankan partai politik (parpol) melakukan pendekatan kepada dua generasi tersebut agar menjatuhkan hak pilihnya untuk mereka.

Ia menjelaskan hal yang paling utama pendekatan kepada dua generasi yang dimaksud adalah bagaimana cara menyalakan pesan politik parpol ke generasi milenial dan gen z. Dua generasi tersebut cenderung lebih menyukai penyampaian pesan yang tidak terlalu formal. Baca juga: Ingin Bantu Pelaku UMKM, Alasan Pebisnis Sablon Ini Gabung Perindo

"Di era digital kita terutama di generasi z dan milenial itu pesannya tidak boleh kaku, karena sekarang kita mungkin sudah mulai lazim dikenal politainment," ujar Alvin dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo bertajuk 'Politik di Era Digital, Bergantung pada Peran dan Suara Milenial', Rabu (8/2/2023).

Alvin melanjutkan politainment merupakan cara komunikasi yang mengkombinasikan politik dengan entertainment. Menurutnya, dengan pengemasan tersebut membuat orang-orang lebih tertarik dengan penyampaian pesan politik.

"Seperti podcast ini juga bagian dari politainment, dulu kayaknya tidak ada seperti ini," paparnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)