Cerita Danjen Kopassus 3 Hari Tak Makan saat Mendaki Everest, Makan Muntah dan Alami Kejadian Aneh

Sabtu, 04 Februari 2023 - 06:40 WIB
loading...
A A A
Perjuangan Iwan bersama timnya kembali diuji, di camp 4 timnya kehabisan logistik. Kondisi ini membuat Iwan tidak bisa mengonsumsi makanan sementara puncak gunung masih belum dicapai. “Tiga hari itu saya tidak makan, hanya makan muntah saja. Tidak ada makanan kan sudah habis,” paparnya.

Meski begitu, Lettu Iwan Setiawan bersama Pratu Asmujiono dan Sertu Misirin telah bertekad menancapkan Merah Putih di Puncak Everest meski nyawa sebagai taruhannya.

“Dari Camp 4 sampai puncak sampai jam 15.20 padahal aturannya jam 2 kalau tidak sampai, pasti pulangnya mati. Saya bertiga Asmujiono dan Misirin sudah berikrar lebih baik pulang nama dari pada gagal dalam tugas. Akhirnya 15.10 sampai di puncak, 10 menit foto-foto kita turun,” kenangnya.

Karena terlambat mencapai puncak, Iwan mengaku kemalaman di ketinggian 8.500 meter tanpa oksigen, sleeping bag, dan matras. Kondisi ini semakin diperparah dengan terputusnya hubungan dengan Kolat. Namun, keajiban dan peristiwa aneh dialami oleh ketiga pendaki dari Kopassus tersebut.

“Besoknya kita seperti ada yang membangunkan, cuaca cerah, semuanya putih, kita turun ke bawah semuanya kaget ternyata kita masih hidup,” kenangnya.

Mantan Danpusdikpassus ini mengingat pesan Danjen Kopassus Prabowo Subianto ketika akan mendaki untuk meluruskan niat jangan sekali-kali tebersit untuk menaklukan Mount Everest.

“Tugas kita ke sana adalah untuk menziarahi, menaklukan itu terkesan sombong dan angkuh karena itu alam yang punya Tuhan yang Maha Kuasa, banyak hal-hal mustahil yang di luar akal manusia normal terjadi. Kenapa bisa selamat, makanya bukan karena kita kuat, tapi Tuhan memberi kita kesempatan untuk kita menziarahi puncak tertinggi di dunia. Dari 24 negara hanya kita yang sampai duluan di 1997,” tutupnya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8977 seconds (0.1#10.140)