Respons Demokrat soal Surya Paloh Buka Opsi Gabung KIB

Kamis, 02 Februari 2023 - 09:23 WIB
loading...
Respons Demokrat soal Surya Paloh Buka Opsi Gabung KIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh. Foto/MPI/Arif Juianto
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh membuka peluang bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) atau KIB bergabung dengan Nasdem. Hal ini terungkap saat Surya Paloh bersama jajaran partainya berkunjung ke Kantor DPP Partai Golkar, Rabu (1/2/2023).

Partai Nasdem diketahui saat ini tengah menjajaki Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), untuk bersama-sama mengusung Anies Baswedan sebagai bakal Calon Presiden (Capres) di Pilpres 2024.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani menilai, pernyataan Surya Paloh itu hanya sebagai pencair suasana saat berkunjung ke partai politik lainnya.

"Ini merupakan pernyataan diplomatis dalam politik. Biasa dan lazim dilakukan sebagai pencair suasana agar tak kaku dalam berkomunikasi," ujar Kamhar Lakumani, Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Usai Temui Airlangga, Surya Paloh Bicara Kemungkinan Gabung KIB

Kamhar menjelaskan, pernyataan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencairkan suasana. Apalagi Surya Paloh diketahui sebelumnya merupakan kader Partai Golkar sebelum membentuk Partai Nasdem.

Dalam era demokrasi saat ini, Kamhar menilai, sah-sah saja bagi partai politik untuk menjalin komunikasi di tengah tahun politik dan kontestasi menuju Pileg dan Pilpres 2024.

"Politik senantiasa dinamis dan memiliki dinamika yang tinggi, karenanya membangun dan menjaga komunikasi lintas partai menjadi keniscayaan untuk dilakukan apalagi dalam sistem yang menganut dan menerapkan sistem multi partai," tutur Kamhar Lakumani.

Terkait kemungkinan Partai Nasdem bergabung dengan KIB atau justru KIB yang bergabung dengan Koalisi Perubahan, Kamhar tidak ingin berspekulasi terlalu jauh.

"Kami tak ingin berandai-andai. Saat ini kami tengah fokus memantapkan kesepakatan yang telah terbangun di antara Partai Demokrat, Nasdem dan PKS untuk mengajukan Mas Anies sebagai Capres," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8093 seconds (0.1#10.140)