Usai Temui Airlangga, Surya Paloh Bicara Kemungkinan Gabung KIB

Rabu, 01 Februari 2023 - 15:36 WIB
loading...
Usai Temui Airlangga, Surya Paloh Bicara Kemungkinan Gabung KIB
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat konferensi pers usai pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (1/2/2023). Foto/MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (1/2/2023). Dalam konferensi pers usai pertemuan itu, Paloh berbicara mengenai peta politik Pilpres 2024.

"Apakah perlu akan mungkin bergabung dengan KIB (Koalisi Indonesia Bersatu, red)? Ya sama-sama mungkin. Mungkin KIB juga bergabung dengan Nasdem kan. Jadi probability, kemungkinan itu masih terbuka," kata Paloh.

Diketahui, KIB merupakan koalisi Pilpres 2024 yang dibangun Partai Golkar bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sedangkan Partai Nasdem masih menjajaki sebuah koalisi yang disebut Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).





Koalisi Perubahan mendukung Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024. Paloh juga menjelaskan alasannya menemui Airlangga.

"Kenapa harus berkunjung ke Golkar? Prioritas bagi Nasdem. Ada satu romantisme, ada satu perjalanan sejarah perjalanan kehidupan saya pribadi dalam usia yang saya capai saat ini, jenjang karier politik saya yang saya capai hari ini," kata Paloh.

Dirinya telah menjadi bagian dari Golkar sejak umur 16 tahun. Selama puluhan tahun, dia mengaku memiliki kedekatan dengan partai berlambang pohon beringin itu.

"Jadi terlepas apa pun juga kekurangan saya satu sama lain, tetapi modal kebersamaan, catatan sejarah, saling pemahaman, enggak salah kalau dibilang alumni Golkar, itu memang benar adanya. Jadi prioritas," tuturnya.

Saat disinggung kenapa tak berkunjung ke partai lain, Paloh mengaku, pihaknya masih mencoba menjajaki. "Yang lain kita memang baru mencoba ya, baru mencoba (untuk kunjungi parpol lain)," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2666 seconds (0.1#10.140)