Isu Reshuffle Kabinet Rabu Pon, Mardiono Sudah Dipanggil Jokowi ke Istana

Minggu, 29 Januari 2023 - 13:32 WIB
loading...
Isu Reshuffle Kabinet Rabu Pon, Mardiono Sudah Dipanggil Jokowi ke Istana
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dikabarkan dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah pimpinan partai politik di tengah isu santernya reshuffle kabinet . Tidak hanya Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono juga dipanggil ke Istana Kepresidenan.

Pemanggilan Mardiono oleh Jokowi dikonfirmasi Ketua DPP PPP Achmad Baidowi. Namun, ia tak menyebut detail waktu pemanggilan tersebut dan pembahasan dalam pertemuan tersebut.

"Beberapa kali Plt Ketum PPP diundang ke Istana. Apa yang dibicarakan, kami tidak tahu persis," kata Awiek, sapaan akrab Achmad Baidowi saat dihubungi, Minggu (29/1/2023).

Baca juga: Reshuffle Kabinet di Rabu Pon, Jokowi: Nanti Tunggu Saja

Meski mengaku tak mengetahui isi pertemuan Mardiono dan Jokowi, tapi Awiek menyatakan bahwa kader PPP senantiasa siap ditugaskan menjadi menteri oleh Presiden Jokowi. "Kalau PPP dipercaya insyaAllah siap," kata Awiek.

Awiek menyatakan, PPP menghormati segala keputusan Presiden Jokowi dalam perombakan kabinet. "Itu hanya Pak Jokowi yang tahu. Kita menghormati konstitusi bahwa urusan kabinet merupakan hak prerogratif presiden," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi menanggapi isu reshuffle kabinet pada Rabu Pon yang digulirkan Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP Arsul Sani. "Rabu Pon bener? ya nanti tunggu saja," kata Jokowi usai acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).



Sebelumnya, Arsul Sani mengatakan, Presiden Jokowi biasa melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon atau Rabu Pahing. Pada Januari ini Rabu Pahing sudah terlewat, dan baru akan ada Rabu Pon pada 1 Februari 2023 mendatang.

"Bulan Januari Rabu pahing sudah lewat, biasanya reshuffle itu kalau tidak Rabu Pahing, Rabu Pon. Rabu Pon nanti kalau kita lihat penanggalan baru ada di tanggal 1 Februari kalau tidak salah," kata Arsul kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (12/1/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)