Pengamat Nilai Erick Thohir Paket Lengkap untuk Jadi Cawapres 2024

Jum'at, 27 Januari 2023 - 18:58 WIB
loading...
Pengamat Nilai Erick Thohir Paket Lengkap untuk Jadi Cawapres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir sebagai paket lengkap cawapres di Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Amir Faisal menilai Menteri BUMN Erick Thohir sebagai paket lengkap calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Sebab menteri andalan Presiden Jokowi tersebut memiliki elektabilitas, keterwakilan pemimpin luar Jawa dan berprestasi di pemerintahan nasional.

“Sudah menjadi kelaziman politik di republik ini bahwa sosok cawapres cenderung dilihat dari sejauh mana kekuatannya dari sisi elektabilitas, keterwakilan gologan wilayah serta prestasi dan rekam jejaknya. Sedangkan Erick Thohir telah berada di posisi itu semua,” terang Amir, Jumat (27/1/2023).

Seperti diketahui, elektabilitas Erick Thohir menjadi yang teratas sebagai cawapres di pilpres 2024. Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) mengungkapkan eks Presiden Inter Milan ini memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan dengan nama-nama lain yakni di angka 19,2%.



Dari sisi keterwakilan kelompok, Erick Thohir mewakili pemimpin luar Jawa dan disebut mendapatkan dukungan dari organisasi Islam terbesar di dunia dan Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU). Sedangkan rekam jejaknya sudah terbukti mampu menyelamatkan negara dan bangsa Indonesia dari pandemi Covid-19 dengan mendatangkan jutaan vaksin.

Demikian juga dengan menggerakkan ekonomi masyarakat dengan menggalakkan program KUR, Mekaar dan Makmur. Erick Thohir juga pemimpin yang berhasil membawa harum nama BUMN dengan meningkatkan kontribusi kepada negara sebesar Rp68 triliun dalam tiga tahun terakhir serta secara konsisten meningkatkan laba.



Laba Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir konsisten meningkat dari Rp13 triliun di 2020 menjadi Rp124,7 pada 2021. Sedangkan di triwulan III, laba kembali meningkat menjadi Rp155 triliun.

Berkat berbagai keberhasilan tersebut, Erick Thohir memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi. Hubungan dekat ini karena berbagai keberhasilan yang diraih oleh Erick Thohir karena penugasan yang diberikan oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Karena itu, Amir yakin Erick Thohir mampu menjadi Wakil Presiden Indonesia selanjutnya. Amir optimistis Indonesia akan menjadi lebih maju jika wakil presiden selanjutnya adalah pemimpin berpengalaman membantu presiden seperti Erick Thohir.

“Bayangkan bagaimana nantinya Erick Thohir sebagai wakil presiden 2024, pasti Indonesia akan semakin maju karena wakil presidennya cemerlang dalam membantu Presiden RI untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)