Potensi Dongkrak Elektoral, Erick Thohir Cawapres dengan Lumbung Suara Merata

Selasa, 24 Januari 2023 - 20:24 WIB
loading...
Potensi Dongkrak Elektoral, Erick Thohir Cawapres dengan Lumbung Suara Merata
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai memiliki lumbung suara yang merata sehingga berpotensi dongkrak elektoral di Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai memiliki segmentasi pemilih yang lebih beragam sebagai modal maju Cawapres 2024. Hal tersebut menjadikan Erick Thohir lebih unggul ketimbang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi Political Literacy Desk (Polldesk) Faisal Riza mengatakan melihat kecendrungan peta politik saat ini Ridwan Kamil memiliki ceruk pemilih yang hanya terkunci di Jabar. Hal tersebut tentu mengecilkan potensi keterpilihan dari daerah lainnya

Kondisi berbeda dimiliki Erick Thohir, menurut dia, mantan Presiden Inter Milan itu mempunya sebaran pemilih yang lebih merata. Suara pemilih Erick Thohir bahkan tercata seimbang kuat baik di Pulau Jawa maupun Luar Pulau Jawa. "Kalau RK (Ridwan Kamil) tadi terkonsentrasi di Jawa Barat. Erick itu bisa keluar dari itu, misalnya di Sumatera, Kalimantan," terang Faisal.



Menurut dia, kelebihan yang dimiliki Erick Thohir tidak hanya ada pada ceruk pemilih lebih beragam. Erick Thohir menjadi salah satu figur nasional yang mempunya pengaruh besar terhadap kelompok-kelompok tertentu.



Erick Thohir, lanjut dia, mampu menggalang konsentrasi suara melalui berbagai capaian prestasi yang diraih. Selain konsisten menghadirkan kinerja - kinerja terbaik selama menduduki pucuk pimpinan BUMN.

"Bukan lumbung suara yang terkonsentrasi saja. Tapi bagaimana bisa mengonsolidasi kelompok berkepentingan. Bisa enggak dikonsolidasikan," kata Faisal.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)