Demokrat, Nasdem, dan PKS Satu Frekuensi Calonkan Anies di Pilpres 2024

Jum'at, 27 Januari 2023 - 13:52 WIB
loading...
Demokrat, Nasdem, dan PKS Satu Frekuensi Calonkan Anies di Pilpres 2024
Anies Baswedan. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Usul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) untuk segera dilakukan pertemuan antarketua umum Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan PKS guna memfinalkan terbentuknya Koalisi Perubahan, sepertinya akan terwujud dalam waktu dekat. Kesepakatan tiga ketua umum parpol tersebut akan membuat Anies Baswedan cukup syarat sebagai calon presiden dari Koalisi Perubahan.

Menurut Deputi Analisa Data dan Informasi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution,Partai Demokrat meyakini PKS dan Nasdem sudah satu frekuensi untuk sesegera mungkin mendorong terbentuknya koalisi. "Hal ini guna memenuhi persyaratan PT 20 persen supaya ketiga partai bisa berlayar mengusung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada Pemilu 2024," ujar Syahrial kepada SINDOnews, Jumat (27/1/2023).

Menurutnya, penandatanganan kesepakatan koalisi yang dilakukan para ketum partai, jadi tahapan penting menuju deklarasi penetapan paket capres dan cawapres dan dibentuknya Sekretariat Perubahan. Sebelumnya, dari tiga partai tersebut, hanya Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.



"Setelah Ketum AHY menegaskan Demokrat juga memiliki pandangan sama tentang mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut merupakan tokoh perubahan dan perbaikan, jadi sinyal kuat Koalisi Perubahan akan resmi terwujud. AHY lebih mengutamakan aspirasi rakyat yang menginginkan supaya Demokrat ikut menyokong pencalonan Anies lewat koalisi yang dibentuk bersama PKS dan Nasdem," jelasnya.

Begitu para ketum menandatangani kesepakatan koalisi, kata Syahrial, maka Anies cukup syarat dinyatakan sebagai calon presiden dari Koalisi Perubahan. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada partai lain yang juga ikut bergabung.

"Sedangkan siapa yang akan diusung sebagai calon wakil presiden, diserahkan kepada Anies menentukan dwitunggal yang harmonis, mampu menjaga keseimbangan koalisi dan berkontribusi memenangkan kontestasi di Pilpres 2024 . Tentu saja setelah kesepakatan koalisi terbentuk yang akan digodok di sekretariat bersama."

Saat ini, lanjut Syahrial, tim kecil Demokrat, PKS dan Nasdem makin intensif melakukan komunikasi. "Menyiapkan momentum dalam waktu tidak terlalu lama agar Koalisi Perubahan bisa terwujud dan ditandatangani masing-masing Ketum mitra koalisi," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)