Stafsus Presiden Bicara Target Jokowi soal Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Selasa, 24 Januari 2023 - 21:04 WIB
loading...
Stafsus Presiden Bicara Target Jokowi soal Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca
Stafsus Presiden Diaz Hendropriyono melakukan kunjungan kerja ke pabrik pengelolaan sampah Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) di TPSA Bagendung, Cilegon, Banten, Selasa (24/1/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono melakukan kunjungan kerja ke pabrik pengelolaan sampah Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Cilegon, Banten, Selasa (24/1/2023). Dalam kesempatan itu, Diaz melihat langsung proses pengolahan sampah menjadi bahan bakar pengganti batu bara atau co-firing untuk digunakan di PLTU Suralaya yang dikelola PT Indonesia Power.

Menurutnya, inisiasi ini selaras dengan upaya pencapaian target Presiden mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sekaligus mendorong ekonomi Indonesia tetap maju.

"Penerapan BBJP di TPSA ini berkontribusi mencapai target-target Presiden untuk menurunkan emisi GRK 31,89% tanpa bantuan internasional atau 43,2% dengan bantuan internasional sekaligus dapat mendukung pertumbuhan ekonomi tetap positif di atas 5%," kata Diaz.

Terkait penggunaan di PLTU Suralaya, Direktur Utama Indonesia Power Edwin Nugraha Putra menyampaikan bahwa suplai briket BBJP untuk co-firing dapat menggantikan sekitar 5% penggunaan batu bara.

"Kebutuhan batu bara PLTU Suralaya 40.000 ton per hari yang mana 5%-nya sekitar 2.000 ton berpotensi disuplai BBJP," kata Edwin saat mendampingi Diaz.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, pemanfaatan TPSA Bagendung akan diperluas setelah menjadi salah satu kota yang terpilih menerima Rp100 M melalui program Kementerian PUPR bekerja sama dengan Bank Dunia.

Dia menambahkan, keberadaan TPSA ini juga tentunya mendukung arahan Presiden untuk mengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan.

"Pengolahan BBJP akan ditambah dari 30 ton per hari menjadi 200 ton per hari maksimal pada Agustus 2023 sehingga nantinya Kota Cilegon defisit sampah pada 2025," urai Helldy.

Turut hadir DIrektur Keuangan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Adrian Rusmana yang menyampaikan bahwa pihaknya sedang mempelajari proses pengolahan sampah di TPSA Bagendung untuk nantinya dapat menjadi percontohan pembangunan di Jakarta.

Sebagai penutup, Diaz Hendropriyono menyebut proyek-proyek seperti ini yang mendukung penurunan emisi sekaligus mendorong perekonomian seharusnya dapat didukung bersama-sama sebagai salah satu proyek strategis.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)