Berhasil Gaet Tokoh Daerah, Elektabilitas Airlangga Dinilai Akan Naik Signifikan

Minggu, 22 Januari 2023 - 06:14 WIB
loading...
Berhasil Gaet Tokoh Daerah, Elektabilitas Airlangga Dinilai Akan Naik Signifikan
Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan, elektabilitas bakal Capres 2024 dari Partai Golkar, Airlangga Hartarto akan meningkat secara signifikan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan, elektabilitas bakal Capres 2024 dari Partai Golkar, Airlangga Hartarto akan meningkat secara signifikan. Hal ini bisa terjadi, karena berhasil membawa tokoh-tokoh daerah masuk ke Golkar.

Sejumlah tokoh daerah tersebut di antaranya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dan mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, bergabung dengan Partai Golkar. Terlebih jika para tokoh-tokoh tersebut bersedia mengkampanyekan Airlangga di daerah basisnya masing-masing.

"Apakah akan meningkatkan elektoral dari Airlangga? Secara hipotesis saya katakan iya. Jadi kalau memang RK mau membincangkan atau mengkampanyekan Airlangga capres maka pengikut follower yang cinta atau yang senang dan militan terhadap RK akan cenderung mengikuti pesan yang disampaikan oleh RK," kata Emrus, Minggu (22/1/2023).

"Akan naik secara signifikan dari masyarakat yang memang mengagumi dan menyenangi RK, khususnya di Jabar. Dari wilayah itu maka Airlangga akan dapat elektoral yang tinggi lagi," sambungnya.

Baca juga: Isyarat Airlangga soal Kebersamaannya dengan Puan Maharani

Emrus juga menyebutkan, peningkatan elektabilitas Airlangga juga akan terjadi di wilayah Jawa Timur. "Khusus di Jawa Timur, kebetulan sekarang Gubernur Khofifah, sehingga kemungkinan lumbung suara akan terpecah," ujarnya.

"Tetapi loyalis Soekarwo sudah pasti akan diikuti apa yang disampaikan Soekarwo, sehingga jabatan 2 periode di sana, secara de facto saya pikir pengaruh Soekarwo masih sangat bagus, karena yang bersangkutan tidak memiliki cacat politik atau hukum," jelasnya.

Emrus menyarankan, sebaiknya Airlangga juga memboyong tokoh-tokoh Gubernur dan mantan Gubernur lainnya untuk bergabung ke partai beringin.

"Saya kira inilah kejelian dari Airlangga, dia menerima tokoh-tokoh daerah, kalau boleh saran saya tokoh-tokoh daerah Gubernur atau mantan Gubernur seluruh Indonesia kalau boleh berada di Golkar semua," tuturnya.

"Supaya elektoral dari Airlangga meningkat secara signifikan. Kalau saya berpendapat, kalau Jatim sudah ada mantan gubernur, kenapa tidak kemudian menarik Khofifah," tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap mengkampanyekan narasi-narasi Airlangga sebagai Capres 2024. Ridwan Kamil didapuk menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan Co-Chair Bapilu Partai Golkar.

"Saya fatsun terhadap keputusan organisasi maka ke mana-mana keputusan partai terkait Pak Airlangga sebagai capres pun itu akan saya narasikan ke mana-mana," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)