Dapat Merangkul Semua Pihak, Airlangga Dinilai sebagai Figur Egaliter

Minggu, 22 Januari 2023 - 06:02 WIB
loading...
Dapat Merangkul Semua Pihak, Airlangga Dinilai sebagai Figur Egaliter
Bakal Capres 2024 dari Partai Golkar, Airlangga Hartarto dinilai merupakan sosok yang memiliki kepiawaian politik di atas rata-rata politikus pada umumnya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bakal Capres 2024 dari Partai Golkar, Airlangga Hartarto dinilai memiliki kepiawaian politik di atas rata-rata politikus pada umumnya. Hal ini semakin terlihat setelah Airlangga berhasil memboyong Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) bergabung dengan Golkar.

"Airlangga tentu jadi figur yang ibarat magnet politik. Dapat menarik tokoh sekelas RK untuk bergabung," kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Multimedia Nusantara, Silvanus Alvin, Minggu (22/1/2023).

Silvanus menilai, kapasitas kepemimpinan Airlangga terlihat saat Ketua Umum DPP Partai Golkar ini berhasil menginisiasi dan mengkoordinir delapan partai untuk sama-sama bersikap menolak pemilu dengan sistem proporsional tertutup pada Minggu, 8 Januari 2023, di Hotel Dharmawangsa Jakarta.

"Airlangga punya peran besar terutama dalam komunikasi politiknya karena mampu mengkoordinir 8 partai. Hal ini menunjukkan kapasitas seorang pemimpin," ucapnya.

Baca juga: Isyarat Airlangga soal Kebersamaannya dengan Puan Maharani

Kepiawaian politik dan kepemimpinan Airlangga juga turut diamini pakar komunikasi politik Emrus Sihombing. Emrus mengatakan, kepiawaian Airlangga sudah terlihat sejak ia memimpin Golkar. Golkar yang beranggotakan banyak tokoh-tokoh hebat, mampu dibuat solid dan kondusif di bawah kepemimpinan Airlangga.

"Golkar paling demokratis dari semua partai yang lain, karena tidak ada tokoh sentral. Sehingga pemimpinnya pun harus pemimpin yang bisa egaliter, berdialog, persuasi. Karena Airlangga dilahirkan dari proses demokrasi internal Golkar, di mana kekuatan-kekuatan faksi memiliki kekuatan-kekuatan yang berimbang," jelasnya.

"Sehingga di Golkar dibutuhkan pemimpin yang bisa merangkul, persuasi, dan itu diperankan secara baik oleh Airlangga sehingga terpilih menjadi Ketum Golkar dan bisa memimpin Golkar hingga sekarang ini dengan baik," tambahnya.

Kepiawaian Airlangga dalam merangkul banyak pihak menurut Emrus telah melekat dalam diri Menko Perekonomian tersebut. Sehingga perilaku yang persuasif tersebut akan terus diperankan oleh Airlangga baik di internal dalam memimpin roda organ Golkar maupun dalam mendekati pihak eksternal.

"Pengalaman atau kepiawaian Airlangga itu saya pikir melekat pada dirinya sehingga dalam relasinya dengan eksternal itu secara psikologis akan otomatis dia perankan terus seperti itu. Tidak mungkin RK datang ke Golkar atas paksaan, demikian juga dengan Soekarwo," ungkapnya.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil memutuskan bergabung dengan partai Golkar karena faktor Airlangga. Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, banyak hal yang luput dari pantauan media, termasuk misalnya intensitas berdiskusi urusan ekonomi dengan Airlangga dalam kapasitas sebagai Menko Perekonomian. Selain itu, Emil juga mengatakan dirinya dengan Airlangga memiliki kedekatan secara personal.

"Waktu saya ada musibah beliau datang lebih dari sekali menyampaikan simpati bagi saya itu sisi kemanusiaan dan kehumanisan Pak Airlangga yang saya apresiasi," ujar Kang Emil.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)